Pembangunan RSUD di Sering Diharapkan Segera Tuntas

Abdul Rafiq. (Suara NTB/ist), Dede Hasan Basri. (Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Direktur RSUD Sumbawa, dr. Dede Hasan Basri berharap pembangunan gedung RSUD baru yang berlokasi di Sering dapat dituntaskan pembangunannya. Meski dilakukan secara bertahap.

Jajaran RSUD mendukung penuh upaya Pemkab dan DPRD yang telah menyepakati anggaran untuk kelanjutan pembangunan dimaksud sebesar Rp23 Miliar untuk tahun 2022. Nantinya anggaran tersebut akan diprioritaskan untuk pembangunan gedung bagian depan. “Rencananya di atas bangunan IGD bagian depan, yang ada saat ini, kita akan buatkan ruangan obgyn dan ruangan VIV. Dari anggaran Rp23 Miliar itu,” terangnya.

Iklan

Intinya, pihaknya akan menyesuaikan dengan anggaran yang tersedia. Sambil berupaya melobi sumber anggaran lainnya untuk pembangunan RSUD dari pemerintah pusat. Mengingat pentingnya kelanjutan pembangunan RSUD. Apalagi saat ini masih dimasa pandemi yang membutuhkan ketersediaan fasilitas kesehatan yang lebih memadai.

Diketahui sebelumnya, Ketua DPRD kabupaten Sumbawa, Abdul Rafiq, S.H, juga berharap kelanjutan pembangunan RSUD Sumbawa yang ada di sering Unter Iwes pada 2022. Hal ini pun telah disepakati oleh Badan Anggaran DPRD kabupaten Sumbawa senilai Rp23 Miliar. “Ini adalah bentuk sebuah komitmen Pemerintah Daerah dan DPRD Kabupaten Sumbawa dalam memberikan pelayanan kesehatan terbaik,” terangnya.

Meskipun demikian, pihaknya berharap Pemkab mencari anggaran tambahan dari Pemerintah Pusat melalui Kementrian Kesehatan. Agar pada 2022, Sumbawa sudah memiliki rumah sakit yang representatif. “Pemerintah daerah diharapkan dapat melakukan lobi anggaran ke pemerintah pusat, semaksimal mungkin. Sebab sebelumnya, Kemenkes RI telah menyatakan dukungannya terhadap melanjutkan pembangunan rumah sakit tersebut,” ujar Rafiq.

Masih menurut Rafiq, saat ini Sumbawa sangat membutuhkan keberadaan gedung rumah sakit yang representatif. Sementara ini gedung RSUD Sumbawa di Sering digunakan khusus untuk perawatan pasien covid 19. Kedepannya RSUD Sumbawa diharapkan bisa menjadi garda terdepan dalam pelayanan publik bidang kesehatan. (arn)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional