Pembangunan Kampus II Unram di Gunung Sasak di Atas Lahan 441 Hektare

Wakil Rektor IV Unram menggelar pertemuan dengan Bupati Lobar menindaklanjuti rencana pembangunan kampus II Unram. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Universitas Mataram (Unram), terus mematangkan rencana pembangunan Kampus II Universitas Mataram di Gunung Sasak, Kuripan, Lombok Barat. Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi Universitas Mataram Yusron Saadi, ST., M. Sc., Ph.D., pada Jumat, 4 Juni 2021 sempat menggelar pertemuan dengan Bupati Lombok Barat (Lobar) H. Fauzan Khalid guna mematangkan rencana tersebut.

Pada kesempatan itu, Yusron Saadi membahas beberapa hal terkait pembangunan kampus II Universitas Mataram (Unram). Di tempat ini, rencana pembangunan kampus II Unram yang akan dibangun di Gunung Sasak, Kecamatan Kuripan dengan luas kurang lebih 441 hektar.

Iklan

Perluasan kampus Unram ini untuk menjembatani persoalan daya tampung yang dirasakan masih kurang bila dibandingkan dengan minat masyarakat. Saat ini daya tampung yang dimiliki Unram di kampus lama masih kurang. Padahal kebutuhan masyarakat dilihat dari pendaftar setiap tahun mencapai ribuan.

Yusron Saadi mengatakan, nantinya dari 441 hektar tidak semua lahan akan dibangun bangunan kampus dan kedepan ada perencanaan lebih lanjut. Dengan luas lahan itu diharapkan menjadi solusi daya tampung Unram.

“Masyarakat Lombok Barat mengharapkan dukungan untuk pengembangan pembangunan kampus II Unram dan ini bisa mendongrak perekonomian masyarakat kita,” katanya.

Sebelumnya, Unram menetapkan dua lokasi sebagai tempat pembangunan gedung baru Unram. Yaitu di lokasi Dam Pengga, Desa Pelambik, Loteng dan Gunung Sasak, Kuripan. Gunung Sasak dipilih dengan pertimbangan jarak yang tidak terlalu jauh dengan kampus induk.

Sementara itu, Bupati Lobar H. Fauzan Khalid mengatakan Pemerintah Daerah (Pemda) Lombok Barat sangat mendukung pembangunan kampus II Unram. Terkait juga tentang Tata Ruang yang disiapkan.

“Komunikasi kita baik dengan masyarakat dan Insya Allah tidak akan ada masalah untuk pembanguan kampus II Unram, Insya Allah kami siap jadi aktor dan kami back up untuk pembangunan Kampus II Unram di Lombok Barat,” ujar Bupati.

Sejumlah pejabat teras Pemkab Lombok Barat hadir dalam pertemuan ini seperti Sekda Lobar Dr. H. Baehaqi, Asisten Pemkab Lebar dan kepala OPD. (dys)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional