Pembangunan Infrastruktur Tak Sesuai Prosedur Diduga Jadi Pemicu Banjir di Kota Mataram

Mataram (suarantb.com) – Anggota DPRD NTB Dapil Kota Mataram, Ir. Made Slamet, MM mengatakan penyebab banjir yang sering terjadi di Kota Mataram dikarenakan pembangunan infrastruktur jalan maupun bangunan-bangunan lainnya yang tidak taat prosedur. Ketinggian badan jalan, pembangunan gedung dan perumahan yang sering tidak disertai pembuatan saluran yang memadai menjadi salah satu pemicu.

Demikian disampaikan Made menanggapi pertanyaan wartawan terkait semakin seringnya beberapa tempat di Kota Mataram menjadi langganan banjir saat musim hujan tiba. “Pertama tidak ada daerah resapan, pembangunan sembarangan. Yang kedua,  dalam membangun perencanaannya tidak ada,” ujar Made, Selasa, 13 Desember 2016.

Iklan

Menurut Made, pengerjaaan proyek infrastruktur di Kota Mataram terkesan hanya berorientasi pada kuantitas tanpa melihat dampak yang ditimbulkan pasca penyelesaian proyek tersebut.

Seharusnya, pemerintah dalam melakukan  pembangunan infrastruktur tidak boleh mengabaikan kualitas.
“Ada kesan proyek mengejar fee. Bukan proyek kebutuhan,” katanya.

Oleh sebab itu, Politisi yang juga sempat menjadi Pimpinan DPRD Kota Mataram ini sangat berharap  kedepannya, Pemkot Mataram dalam membangun infrastruktur agar menaati prosedur yang ada. Salah satunya membangun saluran air yang memadai. Sehingga persoalan banjir tersebut bisa diselesaikan.

“Kalau sekarang saja sudah begini, bagaimana untuk tahun-tahun yang akan datang,” ujarnya.

Lebih jauh terkait persoalan infrastruktur, Made menyarankan agar Pemkot Mataram melalui dinas terkait segera melakukan evaluasi menyeluruh terhadap konsep pembangunan yang selama ini. Agar tidak menjadi persoalan besar di kemudian hari.
“Pak Wali harus kerahkan semua stafnya. Evaluasi semuanya,” pintanya.

Seperti diketahui beberapa waktu lalu, hujan lebat yang hampir seharian melanda Kota Mataram dan sekitarnya menyebabkan beberapa tempat di Kota Mataram dilanda banjir. Bahkan di salah satu lokasi banjir, ketinggian bisa mencapai lutut orang dewasa. (ast)

  Kredit Macet Akibat Kualitas SDM BPR Rendah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here