Pembangunan Fisik Sirkuit MotoGP Ditarget Mulai 2019

Praya (Suara NTB) – Sirkuit MotoGP menjadi salah satu fasilitas yang akan dibangun di Kawasan Ekonomi Khusus  (KEK) Mandalika. Jika tidak ada halangan berarti, pembangunan sirkuit tersebut ditargetkan akan dimulai awal tahun 2019 mendatang. Demikian disampaikan Humas PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia (Indonesia Tourism Development Corporation/ITDC) H. Adi Sasono, kepada Suara NTB, dikantornya, Rabu, 15 Maret 2017 kemarin.

Ia menjelaskan, saat ini pihak investor yang akan membangun sirkuit kelas dunia tersebut tengah melakukan persiapan. Terutama terkait dokumen-dokumen pendukung untuk berinvestasi di kawasan Mandalika.

Iklan

“Jadi pembangunan sirkuit MotoGP ini bukan hanya sekedar rencana saja. Tapi memang sudah tahap persiapan. Dimana untuk pembangunan fisik, bisa dimulai tahun 2019 mendatang,” tegasnya.

Dikatakannya, salah satu persoalan yang masih menjadi pengganjal rencana pembangunan sirkuit tersebut ialah persoalan lahan. Dimana masih ada beberapa titik lahan yang masih bermasalah di lokasi rencana pembangunan sirkuit tersebut. Tapi pihaknya optimis persoalan lahan bisa segera tuntas.

“Sekarang inikan sedang proses penyelesaian masalah lahan yang bermasalah. Dan, tahun ini semua persoalan lahan sudah bisa tuntas. Sehingga kedepan tidak ada lagi persoalan lahan yang menjadi pengganjal. Termasuk untuk rencana pembangunan sirkuit ini,” tandas Adi.

Untuk konsep sirkuit itu sendiri, berbeda dengan sirkuit MotoGP yang ada saat ini. Walaupun pihaknya investor rencananya akan mengadopsi model beberapa sirkuit di dunia. Diantaranya sirkuit MotoGP Monaco di Prancis, juga sirkuit di Australia.

Karena sirkuit-sirkuit tersebut memiliki karakteristik wilayahnya hampir sama. Yakni berada di pinggir pantai. “Jadi nanti, jalur sirkuit di kawasan Mandalika ini akan melalui kawasan Pantai. Sehingga tampilannya berbeda dengan sirkuit MotoGP lainnya,” timpalnya. (kir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here