Pembangunan Delapan Hotel di KEK Mandalika, Diperkirakan Serap 27.694 Tenaga Kerja

T. Wismaningsih Dradjadiah (Suara NTB/nas)

Mataram (Suara NTB) – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) NTB menyebutkan jumlah tenaga kerja yang akan diserap di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika sekitar 27.694 orang. Jumlah serapan tenaga kerja sebanyak itu diperkirakan jika pembangunan delapan hotel di KEK Mandalika berjalan.

‘’Jumlah perkiraan tenaga kerjanya 27.694 orang. Terutama memang di tahap konstruksi dan operasi,’’ sebut Kepala Disnakertrans NTB, Dra. T. Wisminingsih Dradjadiah dikonfirmasi akhir pekan kemarin.

Wismaningsih menjelaskan perkiraan serapan tenaga kerja sebanyak 27.694 orang tersebut sesuai dengan analisis jabatan yang dibutuhkan untuk pembangunan delapan hotel bintang di KEK Mandalika. Namun, saat ini, baru satu hotel bintang yang sedang dalam proses pembangunan, yaitu Hotel Pullman.

‘’Yang baru bangun satu hotel, rencananya 8 hotel. Perkiraan kebutuhan tenaga kerja sebanyak itu untuk beberapa tahun. Kita berkoordinasi terus dengan ITDC sebagai pengelola KEK Mandalika,’’ ujarnya.

Ia menyebutkan ada 10 jenis jabatan atau keahlian tenaga kerja yang dibutuhkan di KEK Mandalika. Antara lain, kitchen (pastry,commisary, main kitchen), salon/spa, recreation/activities, sales and marketing, security, houskeeping, front office, total FB (restaurant, bar), engineering, dan administration.

Sebagaimana diketahui, pembangunan Hotel Pullman sebagai salah satu fasilitas pendukung gelaran MotoGP 2021 di KEK Mandalika sempat tersendat-sendat.  Pembangunan Hotel Pullman kembali dilanjutkan dan ditargetkan dapat difungsikan jelang MotoGP Mandalika, yang direncanakan digelar Oktober mendatang.

Pembangunan Hotel Pullman di KEK Mandalika dialokasikan dari anggaran National Interes Account (NIA) yang disediakan oleh Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) dengan besaran mencapai Rp1,2 triliun.

Pullman diproyeksikan memiliki kapasitas sekitar 250 kamar. Termasuk ruang pertemuan berkapasitas 300 orang, vila eksklusif standar bintang 5 dan residence. Pullman merupakan hotel berbintang yang dibangun atas kerja sama ITDC dengan PT. Wijaya Karya Bangunan Gedung (WIKA Gedung), sebagai anak perusahaan PT. WIKA (Persero). Hotel tersebut terletak di Lot H4 dengan luas mencapai 27.000 meter persegi. (nas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here