Pelayanan Dukcapil Lobar Pindah ke Gedung Baru

Pelayanan pembuatan adminduk di Kantor Dinas Dukcapil yang baru dan diharapkan bisa memberikan kenyamanan bagi masyarakat. (Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Lombok Barat (Lobar) pindah ke gedung baru yang selesai dibangun akhir tahun lalu. Dengan pindahnya pelayanan ke kantor baru sangat dirasakan perubahan oleh warga masyarakat yang mengurus dokumen administrasi kependudukan (adminduk). Terutama dari sisi tempat pelayanan lebih nyaman.

Salah seorang warga yang mengurus pembuatan dokumen adminduk mengaku Kantor Pelayanan Dukcapil sekarang ini jauh lebih representatif dibandingkan dengan kantor sebelumnya. “Kantor pelayanan Dukcapil sekarang ini jauh lebih nyaman. Pengurusan juga cepat,” aku  Idi, salah satu warga yang mengurus adminduk, Jumat, 12 Maret 2021.

Iklan

Menurutnya, beberapa fasilitas yang perlu dilengkapi seperti televisi dan sarana mesin antrean. Termasuk perlu disiapkan petugas di depan untuk menerima warga, menyambut dengan ramah dan menanyakan keperluan warga, sehingga warga merasa pelayanan di Dinas Dukcapil seperti di bank.

Kepala Dinas Dukcapil Lobar M. Hendrayadi mengatakan pelayanan Dukcapil sudah mulai di gedung baru sejak Senin lalu. Proses pindah dan pemboyongan kelengkapan kantor sudah dilakukan beberapa pekan sebelumnya. Pindahnya pelayanan ke gedung baru pihaknya ingin lebih maksimal. “Pelayanan lebih prima, lebih baik, nyaman, dan membahagiakan,”aku dia.

Pihaknya berupaya memberikan pelayanan yang prima, di samping lebih baik juga nyaman. Pelayanan yang prima dan membagiakan itu kata dia, warga yang datang mengurus adminduk disiapkan fasilitas penunjang. Termasuk seperti televisi dan sarana prasarana lainnya, sehingga ketika mereka menunggu mengurus dokumen, warga bisa menonton TV. ‘’Ke depan, kami akan menyiapkan itu,’’ janjinya.

Sekretaris Dinas Dukcapil Lobar Fathurrahman menambahkan, sejak dibuka pelayanan di kantor baru warga yang datang mengurus dokumen adminduk 275 sehari. Diakui dengan jumlah warga yang dilayani petugas cukup kelelahan, sehingga hal ini akan dibahas formulasinya. “Untuk pelayanan dokumen adminduk itu, satu orang bisa selesai 15 menit, asalkan dokumennya (syarat) lengkap, tidak ada yang bermasalah,”ujarnya.

Sekdis menambahkan, kalau mengacu perda SOP pelayanan administrasi selesai selama tujuh hari. Sedangkan Permendagri selama sehari. Namun bisa lebih dipercepat menjadi kurang sehari bahkan 15 menit dengan catatan persyaratan lengkap dan tidak bermasalah. (her)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional