Pelayanan Dinas Dukcapil KSB Kembali Normal

Suasana pelayanan di Dinas Dukcapil KSB, Senin, 6 Juli 2020.(Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Aktivitas pelayanan langsung Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) kini berjalan normal. Sejak pekan lalu jawatan yang mengurusi administrasi kependudukan ini mulai memberlakukan pelayanan langsung setelah sebelumnya sempat menerapkan sistem daring (online) penuh dalam rangka pencegahan Coronavirus Disease (Covid-19).

“Layanan langsung di kantor ini sudah kita buka sejak pekan lalu,” ungkap kepala Dinas Dukcapil KSB, H. Ibrahim kepada wartawan, Senin, 6 Juli 2020.

Iklan

Penerapan layanan langsung dengan membuka loket pelayanan kantor itu, dikatakan H. Ibrahim diambil pihaknya setelah melihat kondisi penanganan Covid-19 di daerah. Dari kajiannya, KSB yang saat ini sudah masuk dalam zona kuning telah memungkinlan pelayanan langsung dibuka kembali. “Memang sejauh ini masih ada kasus. Tapi pasiennya sudah dikarantina sehingga bisa dikendalikan,” timpalnya.

Meski telah membuka pelayanan seperti sedia kala, H. Ibrahim menyatakan, pihaknya tidak lupa menberlakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Tidak saja kepada petugas yang memberikan pelayanan tetapi juga bagi masyarakat yang dilayani. “Alat sterilisasi seperti tempat cuci tangan kami sediakan. Dan petugas kami juga kita tempatkan pada posisi jarak aman (jaga jarak) dan menggunakan masker,” paparnya.

Sepekan pembukaan pelayanan langsung Dinas Dukcapil, diakui H. Ibrahim jumlah masyarakat yang berurusan sangat tinggi. Hal ini dianggap wajar karena selama pelayanan daring, terdapat beberapa layanan yang pihaknya hentikan sementara. Terutama layanan perekaman data e-KTP (KTP elektronik) serta pengurusan baru data administrasi kependudukan. “Agak tinggi. Tapi saya kira itu normal,” klaimnya.

Selanjutnya ia menyampaikan, selama pelayanan daring diterapkan pihaknya melihat masyarakat tetap antusisas berurusan. Hal ini bagi H. Ibrahim, menunjukkan bahwa masyarakat saat ini sudah memiliki kesadaran yang tinggi betapa pentingnya dokumen administrasi kependudukan. “Kita bersyukur masyarakat kita sudah punya kesadaran yany baik soal dokumen administrasi kependudukannya,” imbuhnya.(bug)

  26 Kontak Erat Tn. S Jalani Tes Cepat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here