Pelayanan di Kantor OPD Wajibkan Warga Tunjukkan Kartu Vaksin

Warga yang datang ke Kantor Dinsos untuk meminta rekomendasi. Mereka rata-rata sudah divaksinasi. Kalau belum vaksin, diminta segera vaksinasi. (Suara NTB/ist)

Giri Menang (Suara NTB) – Pelayanan bagi masyarakat di kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Lombok Barat (Lobar)  diwajibkan menunjukkan kartu vaksin. Kalau warga tidak bisa menunjukkan kartu vaksin, maka warga tidak akan dilayani dan diminta segera melakukan vaksinasi. Seperti pelayanan di kantor Dinas Sosial Lobar.

Warga yang mengurus rekomendasi untuk pembuatan BPJS, JKN maupun bantuan sosial kesehatan satu persatu diminta menunjukkan kartu vaksin sebelum dilayani. Dan hampir semua warga yang datang ke Dinsos memiliki kartu vaksin atau sudah divaksin.

Iklan

Kepala Dinsos Lobar L Martajaya yang dikonfirmasi, menjelaskan, kebijakan yang diterapkan ini menindaklanjuti instruksi bupati terkait penundaan bantuan sosial bagi warga yang tak mau divaksin atau belum divaksin.

Pihaknya sudah bergerak melalui semua bidang yang menangani. Di antaranya, BidangLinjamsos terkait bantuan sosial PKH, kemudian Bidang Fakir miskin terkait bantuan sembako dan Bidang Resos untuk penanganan disabilitas. “Termasuk juga sistem layanan rujukan terpadu di kantor. Semua warga yang minta rekomendasi bantuan sosial, BPJS, PBI JKN diwajibkan memperlihatkan kartu vaksin. Alhamdulillah rata-rata yang datang sudah divaksin. Ini yang sudah kami lakukan,”jelas dia.

Begitu pula tenaga pendamping bergerak ke masing-masing desa terkait hal ini. Pendamping juga turun melakukan pengawalan vaksinasi door to door bersama nakes. Karena ditarget, akhir bulan ini semuanya harus tervaksin. Pasalnya, penerima bantuan yang belum divaksin, maka bantuannya akan ditunda. Perihal ini rata-rata warga sudah tahu, sehingga warga pun sadar melakukan vaksinasi. “Yang belum kami kasih tahu, edukasi agar segera vaksin,”ujarnya.

Penetapan kartu vaksin untuk pelayanan di OPD tidak hanya di Dinsos, namun semua OPD yang melayani masyarakat. Seperti Dinas Dukcapildan OPD lainnya. (her)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional