Pelayanan Cuci Darah RSMA Masih Terkendala Izin

Arindra Kurniawan. (Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Pelayanan cuci darah (Hemodialisa) di RS HL Manambai Abdul Kadir (RSMA) hingga kini belum dilakukan. Saat ini rumah sakit setempat sudah menyediakan gedung, peralatan serta Sumber Daya Manusia (SDM). Tetapi masih terkendala pada proses izin operasional.

“Kami masih ada kendala pelayanan HD. Itu Sebenarnya sudah siap dari sisi SDM dan alat. Yang jadi masalah adalah proses perizinan,” kata direktur RSMA, dr. Arindra Kurniawan.

Iklan

Dijelaskannya, untuk mengantongi izin operasional, pihaknya menunggu tim Perhimpunan Nefrologi Indonesia (Pernefri) melakukan visitasi. Hal ini juga terus dikawal. Bahkan pihaknya meminta rekomendasi dari Dinas Kesehatan Provinsi agar izin operasional ini menjadi perhatian khusus.

Dengan beroperasinya pelayanan ini nantinya, maka pasien tidak lagi harus ke luar daerah untuk melakukan cuci darah. Begitu pula pasien cuci darah dari daerah lain seperti Bima dan Dompu juga bisa ditangani di RSMA. “Sampai sekarang kita tetap berusaha supaya terus kita kawal Pernefri untuk melakukan visitasi. Termasuk kami minta rekomendasi dari Dinas Kesehatan Provinsi supaya menjadi perhatian khusus. Bahwa kita sangat membutuhkan pelayanan HD,” tandasnya. (ind)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here