Pelayanan Adminduk di Sumbawa Aktif Kembali 4 Januari

H. Hasan Basri. (Suara NTB/ind)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) di Kabupaten Sumbawa ditutup sementara selama 6 hari kerja, mulai tanggal 21 sampai 30 Desember 2020 mendatang. Pelayanan akan aktif kembali mulai tanggal 4 Januari 2021 mendatang.

Hal ini berdasarkan Permakluman Nomor: 470/325/Dukcapil/2020, yang ditandatangani Sekda Sumbawa, Drs. H. Hasan Basri, M.M. Pelayanan ditutup sementara sehubungan dengan rencana kepindahan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumbawa ke gedung kantor semula di Jalan Garuda Nomor 87 Kelurahan Lempeh. Kepindahan ini juga dibarengi dengan relokasi kembali Jaringan Komunikasi Data Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (Jarkomdat SIAK).

Sekda Sumbawa, Drs. H. Hasan Basri, M.M membenarkan hal tersebut. Sebelumnya, Kantor Disdukcapil Kabupaten Sumbawa dilakukan perbaikan. Sehingga sebagai kantor sementara, digunakan beberapa ruangan di Loka Latihan Kerja (LLK) Disnakertrans untuk tempat pelayanan adminduk. Sekarang ini, kantor semula sudah selesai direhab dan semua peralatan harus dipindahkan dan dipasang kembali. “Sekarang kantornya yang direhab sudah selesai. Maka alatnya juga harus dibawa dan dipasang kembali,” ujarnya.

Dijelaskannya, untuk memindahkan dan memasang kembali peralatan  tentunya membutuhkan waktu. Disdukcapil juga harus konsultasi  dengan pusat untuk menyambung kembali alat yang ada. Sehingga pelayanan ditutup sementara untuk mempersiapkan pelayanan nantinya. “Pelayanan aktif kembali mulai tanggal 4 Januari 2021,” pungkasnya.(ind)