Pelayanan Adminduk di Puskesmas, Masyarakat Dapatkan Dokumen ‘’3 In 1’’

Warga Kecamatan Kayangan memperoleh adminduk usai istrinya melahirkan di Puskesmas Kayangan. (Suara NTB/ist)

Tanjung (Suara NTB) – Janji Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Lombok Utara (KLU) untuk mendekatkan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) di puskesmas mulai diwujudkan. Kamis, 4 Maret 2021, Dukcapil memulai ujicoba pelayanan adminduk di Puskesmas Kayangan.

Plt. Kepala Dinas Dukcapil KLU, Tresnahadi, S.Pt., Kamis mengatakan, pelayanan adminduk di Puskesmas sudah berjalan. Uji coba perdana dilakukan di Puskesmas Kayangan, Kamis pagi kemarin.

Iklan

“Alhamdulillah uji coba pelayanan adminduk di Puskesmas Kayangan sudah mulai berjalan. Ini merupakan satu bentuk inovasi kita mendukung percepatan pelayanan prima, di samping pelayanan untuk mempermudah akses masyarakat,” ujar Tresnahadi.

Diakuinya, pencetakan adminduk di puskesmas terlaksana berkat dukungan dari Dinas Kesehatan selaku pengendali 8 puskesmas se-Lombok Utara. Puskesmas menyediakan perangkat berupa laptop/komputer dan jaringan WiFi. Sementara Dukcapil memasukkan aplikasi SIAK pada perangkat yang mengakses langsung website Kemendagri. Dukcapil juga menyiapkan prasarana lain berupa kertas HVS 80 gram, dan tinta printer.

Dengan kerjasama yang apik antara lintas OPD ini, Tresnahadi mengakui tujuan pelayanan adminduk yang lebih dekat ke masyarakat tercapai. Ke depan, masyarakat – khususnya ibu melahirkan, warga lansia yang berada di lingkungan Puskesmas tidak perlu datang ke kantor Dukcapil di Kecamatan Gangga. Warga di masing-masing kecamatan dapat datang langsung ke puskesmas terdekat untuk mencetak/mengubah adminduk.

“Tujuan pelayanan Adminduk di puskesmas adalah untuk mendekatkan pelayanan dan mempercepat pelayanan sesuai dengan visi misi dan program 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati. Apabila ada yang melahirkan di puskesmas maka masyarakat akan langsung mendapatkan Akta Kelahiran, Kartu Keluarga (perubahan) dan Kartu Identitas Anak, atau kita istilahkan 3 In 1,” sambung Tresnahadi.

Tidak hanya dokumen tersebut, masyarakat juga bisa lebih mudah membuat dokumen Akta Meninggal, atau Akta Cerai di Puskesmas.  “Sebentar lagi kami akan launching secara resmi program ini berbarengan dengan launching mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). Insya Allah, pelayanan seperti ini akan terus kami kembangkan. Prinsip kami, masyarakat bahagia, kami bersuka cita,” pungkas Tresnahadi.

Sementara Wakil Bupati Lombok Utara, Danny Karter Febrianto Ridawan, ST. M.Eng., menyambut baik inovasi Dukcapil tersebut. Ia meyakini, percepatan dan pendekatan pelayanan tersebut meningkatkan antuasiasme masyarakat untuk mengurus adminduk.

“Sebelumnya mungkin masyarakat berpikir jangkauan lintas kecamatan ke Dukcapil cukup jauh, dengan pelayanan Dukcapil di tiap puskesmas, saya optimis. Inovasi semacam ini perlu didukung dan kita harapkan OPD lain membuat inovasi untuk mendukung pelayanan prima,” papar Wabup. (ari)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional