Pelatihan Legislatif DPM Unram Dihadiri Ketua MK, Rektor Unram: Kolaborasi antara Berbagai Disiplin Ilmu Sangat Diperlukan

Rektor Unram, Lalu Husni (kedua dari kanan) memberikan plakat kepada Ketua Mahkamah Konstitusi RI, Anwar Usman yang hadir sebagai pembicara utama dalam kegiatan pelatihan legislatif DPM Unram, Jumat (20/8) lalu. (Suara NTB/ron)

Mataram (Suara NTB) —Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Universitas Mataram (Unram) melaksanakan pelatihan legislatif atau training legislative tingkat nasional di gedung Dome Unram pada Jumat, 20 Agustus 2021. Kegiatan itu dihadiri langsung Ketua Mahkamah Konstitusi RI, Dr. Anwar Usman, SH., MH., sebagai pembicara utama atau keynote speaker. Rektor Unram dalam sambutannya menyampaikan diperlukannya kolaborasi berbagai disiplin ilmu dalam mempersiapkan berbagai produk hukum.
Kegiatan itu mengusung tema Melahirkan Legislator Muda Berwawasan Demokratis dan Visioner dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Rektor Unram, Prof. Dr. Lalu Husni., SH., M.Hum., dalam sambutannya menyampaikan, sesuai dengan tema acara, tentu sangat relevan karena menjadi legislator tidak hanya dimonopoli oleh mereka yang berasal dari Fakultas Hukum tapi juga disiplin ilmu lain.

“Karena itu kolaborasi antara berbagai disiplin ilmu sangat diperlukan dan menjadi sebuah keniscayaan lebih-lebih dalam mempersiapkan produk hukum sesuai dengan UU No.15 tahun 2019 (perubahan atas UU No 12 tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan),” ujarnya.

Iklan

Rektor menjelaskan, produk hukum harus didahului dengan kajian naskah akademik. Di sinilah diperlukan kerja sama tim dari berbagai disiplin ilmu untuk berbagi dan saling memberikan masukan agar produk hukum yang akan dihasilkan berkualitas. Karena itulah, program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) sangat relevan karena program ini memberikan hak dan kesempatan kepada mahasiswa untuk kesempatan untuk mengikuti satu semester atau setara dengan 20 SKS pembelajaran di luar prodi pada perguruan tinggi yang sama; dan paling lama dua semester atau setara dengan 40 SKS pembelajaran pada prodi yang sama di perguruan tinggi yang berbeda.

“Jika mahasiswa yang berasal dari luar Fakultas Hukum mau memperdalam legal drafting dapat mengambil mata kuliah ini di FH,” saran Rektor.
Ia juga menyampaikan, bahwa saat ini UNRAM memiliki 9 fakultas dan Program Pascasarjana. Jumlah program studi sebanyak 63 mulai dari Program Vokasi sampai Program S3. Jumlah mahasiswa 32.103 berasal dari 33 Provinsi di Indonesia dan empat Negara; Korea Selatan, Palestina, Turki dan Tomor Leste. Pada level nasional, posisi Unram berada pada klaster ke-2 dari 5 klaster yang diklasterisasi oleh Kemendikbud pada tahun 2020 yang diikuti oleh 2.136 PTN/PTS non-vokasi di se-Indonesia.
Sedangkan pada level internasional, posisi Unram berdasarkan perankingan Scimago Institution Ranking tahun 2021 UNRAM menempati posisi ke-30. Scimago Institutions Rankings adalah lembaga pemeringkatan internasional yang berpusat di Spanyol yang menggabungkan tiga indikator yakni penelitian, inovasi, dan dampak sosial, dengan masing-masing mempunyai bobot: 50, 30, dan 20 persen.

Ketua Mahkamah Konstitusi RI, Anwar Usman dalam kesempatan sebagai pembicara menyampaikan, sejauh ini MK mampu merawak kebinekaan. Kehadirannya dalam kesempatan pelatihan tersebut untuk memberikan semangat kepada para mahasiswa. Ia yang berasal dari Bima ini juga memotivasi para peserta karena awal kariernya dimulai sebagai guru honorer.
“Untuk jadi seorang legislator yang punya visi, itu memang harus dimulai dari sekarang, mulai dari mahasiswa. Insya Allah kalau dimulai dari sekarang, anda akan jadi anggota legislator yang siap untuk bangsa dan negara,” ujar Anwar Usman.

Ketua DPM Unram, Aziz Meinudin menyampaikan DMP sebagai salah satu harapan bagi masyarakat ke depan. Tujuan dari kegiatan tersebut menyiapkan mahasiswa menjadi pemimpin masa depan. Kegiatan dilaksanakan secara daring dan luring, secara daring diikuti oleh 100 orang peserta, sedangkan secara luring diikuti 40 orang peserta.

Ketua DPRD Kota Mataram, H. Didi Sumardi dalam sambutannya menyampaikan, apresiasinya. Ia berpesan agar mahasiswa jangan pernah merasa jemu atau lelah untuk terus berinovasi dan berkreativitas. (ron)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional