Pelatda PON NTB Gemilang Resmi Dibuka, Gubernur Janjikan Beasiswa untuk Atlet Berprestasi

Gubernur NTB, H. Zulkieflimansyah didampingi Ketua Kontingen PON NTB, H. Mori Hanafi bersalaman dengan atlet dan pelatih usai membuka acara Pelatda PON NTB Gemilang di GOR 17 Desember Turide Mataram, Kamis, 3 Juni 2021.(Suara NTB/fan)

Mataram (Suara NTB) – Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) PON NTB Gemilang dibuka secara resmi oleh Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah di Sport Hall GOR 17 Desember Turide Mataram, Kamis, 3 Juni 2021. Gubernur NTB berharap para atlet NTB dapat mencapai target 17 medali emas. Atlet yang sukses meraih medali emas, perak dan perunggu di PON di Papua 2021, akan dihadiahi beasiswa pendidikan ke luar negeri.

“Kita punya beasiswa NTB, mudah-mudahan atlet yang meraih medali emas, perak dan perunggu di PON dapat diberikan beasiswa,” ucap Gubernur NTB saat membuka acara Pelatda PON NTB Gemilang di sport hall GOR 17 Desember Turide Mataram, Kamis, 3 Juni 2021. Hadir dalam acara tersebut, Sekda NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si dan Pimpinan OPD NTB, pengurus KONI NTB dan pimpinan cabor yang lolos PON.

Iklan

Menurut Gubernur, kesempatan atlet berprestasi  mendapatkan beasiswa sekolah di luar negeri sangat terbuka lebar, pasalnya pihaknya akan memprioritaskan atlet peraih medali PON dapat beasiswa NTB. “Mudah-mudahan dengan kita kirim ke luar negeri, mereka (atlet-red) bisa memanfaatkan fasilitas olahraga di luar negeri,” ucapnya.

Gubernur menegaskan, pihaknya akan memberikan kesempatan kepada atlet berprestasi  untuk sekolah di luar negeri,  karena bakatnya di olahraga yang luar biasa. “Dan bila atlet ingin belajar S2 di luar negeri maka kesempatan atlet sudah terbuka untuk di kirim sekolah luar negeri,” tegasnya.

Di bagian lain, Gubernur juga menjelaskan bahwa setelah dipimpin oleh Mori Hanafi, diharapkan anggaran Pelatda PON NTB Gemilang dapat tercukupi. Pasalnya ia yakin  dibawah kepimpinan Wakil Ketua DPRD NTB itu cukup mudah mencarikan tambahan  kekurangan anggaran. Hal itu sesuai dengan laporan yang diterimanya melalui sambutan lisan Mori Hanafi di kesempatan yang sama.

“Mudah-mudahan anggaran atlet kita sudah tersedia. Ketersediaan anggaran memang belum cukup sampai disitu, namun pak Mori minta izin membuka pintu sponsor, kita izinkan  pak Mori membuka pintu  sponsor seluas-luasnya, sehingga segala kekurangan bisa diatasi,” harapnya.

Gubernur mengatakan dirinya optimis bahwa 105 atlet yang masuk Pelatda PON Gemilang adalah manusia-manusia  pilihan, yang bergelut dengan penuh keringat, peluh bahkan darah. Pasalnya, mereka yang terpilih diantara jutaan masyarakat NTB itu kata Gubernur akan mampu mengharumkan nama provinsi  NTB melalui prestasi olahraga.

Namun demikian, ditengah kehebatan atlet NTB tersebut, dirinya tidak ingin mendengar ada atlet yang menderita di usia tua. Oleh karena itu ia mengaku gembira mendengar atlet ada yang sudah menjadi ASN, anggota TNI dan Polri. “Mudah-mudahan talenta-talenta hebat ini bisa berkontribusi di masa yang akan datang,” ujarnya.

Selanjutnya, di tempat yang sama, Ketua Panitia Pelatda PON NTB Gemilang, H. Mori Hanafi yang juga sekaligus menjabat ketua Kontingen PON NTB melaporkan bahwa Pelatada PON diikuti 105 atlet, 41 pelatih yang akan mengikuti 19 cabor yang dipertandingkan di PON Papua 2021. Diantara 19 cabor tersebut yakni atletik, menembak, kempo, karate, tarung derajat, tenis lapangan, panjat tebing, biliar, renang, muay thai, gantole, voli pasir, renang, tinju, taekwondo dan beberpa cabor yang tak bisa disebutkan satu-persatu.

Dari 17 cabor yang diikuti tersebut, Mori optimis kontingen NTB akan mampu meraih target 17 medali emas. Alasannya, ratusan atlet yang masuk dalam Pelatda  PON tersebut sebagian  atlet  ada yang mengikuti Pelatnas. Dan pelatda PON sendiri  dibagi tiga daerah, yakni di Mataram, KSB dan Dompu.

“Pelatda sudah dimulai tanggal 31 Mei, kemudian latihan tes kebugaran sudah dilaksankan selama dua hari dan semua lolos  atlet tes tes kebugaran,” jelasnya. Selanjutnya tanggal 5 Juni nanti semua atlet, pelatih dan kontingen akan divaksin. Dan pihaknya siap meraih target 17 medali emas. (fan)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional