Pelantikan Walikota Dilaksanakan dengan Prokes Ketat

H. Effendi Eko Saswito. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Pemkot Mataram mulai mematangkan persiapan pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Mataram yang digelar Jumat, 26 Februari 2021. Prosesi sakral ini dipastikan akan dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan (prokes) secara ketat. Tamu undangan dibatasi serta masyarakat cukup menyaksikan secara virtual.

Pantauan Suara NTB, sejumlah pejabat serta staf Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan sibuk menata ruangan aula Pendopo Walikota, Kamis, 25 Februari 2021. Sebagian sibuk menyusun kursi, dekorasi serta mempersiapkan surat ke tamu undangan. Pejabat lainnya menggelar gladi bersih untuk mematangkan agenda serah terima jabatan.

Iklan

Pelaksana harian (Plh) Walikota Mataram, Dr. H. Effendi Eko Saswito menyampaikan, pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Mataram yang akan digelar besok (hari ini, red) prinsipnya telah siap. Undangan serta fasilitas pendukung lainnya telah disediakan, termasuk fasilitas live streaming yang bisa diakses oleh masyarakat. “Prinsipnya kita siap. Hari ini, kita persiapkan semua,” kata Eko ditemui di sela-sela memantau persiapan di aula pendopo Walikota Mataram.

Pengambilan sumpah jabatan memang secara langsung oleh Gubenur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah di Graha Bhakti Praja. Pihaknya bersama forum komunikasi pimpinan daerah, kepala organisasi perangkat daerah, camat dan lurah menyaksikan secara virtual. Eko yang juga Sekda Kota Mataram menegaskan, serah – terima jabatan nantinya dilaksanakan dengan protokol kesehatan secara ketat. Contohnya, ruangan aula pendopo Walikota sebelumnya kapasitas 300 orang dibatasi untuk 100 orang tamu undangan saja.

“Adapun keluarga atau pendukung yang menghadiri dibatasi 25 orang,” sebutnya.

Prosesi sakral ini memiliki suasana berbeda sebelum pandemi Covid-19. Pendukung, simpatisan serta masyarakat tidak diperkenankan hadir di lokasi acara. Eko mengharapkan masyarakat dapat menyaksikan secara virtual melalui gawai. Pemkot Mataram akan membagikan link yang bisa diakses melalui media sosial. “Nanti link-nya dibagikan dan bisa ditonton secara langsung di rumah,” ucapnya.

Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kota Mataram, I Made Putu Sudarsana menambahkan, tamu undangan baik itu Forkopimda Kota Mataram, pimpinan OPD, camat dan lurah menyaksikan proses pengambilan sumpah jabatan secara virtual di masing – masing kabupaten/kota.

Setelah pelantikan, Pemkot Mataram akan mengagendakan serah terima jabatan dari pelaksana hari (Plh) Walikota kepada Walikota dan Wakil Walikota Mataram. “Kita rencanakan serah terima mulai jam 10.00 Wita. Paling lama itu satu jam,tetapi kegiatan di Pendopo dimulai pukul 08.30 Wita,” jelasnya.

Pemkot Mataram akan menyediakan atau memfasilitasi penyaksian pelantikan secara virtual. Selain meletakan di halaman pendopo, juga kediaman Walikota dan Wakil Walikota Mataram juga disiapkan layar monitor agar masyarakat, pendukung serta simpatisan lainnya dapat menyaksikan secara langsung. “Saat itu kebetulan jam kerja bagi ASN yang mau menyaksikan langsung secara virtual. Kita akan memfasilitasi,” pungkasnya. (cem)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional