Pelantikan Walikota Dijadwalkan Jumat

I Made Putu Sudarsana. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Pemkot Mataram mulai melakukan persiapan pelaksanaan pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Mataram. Pengambilan sumpah jabatan dijadwalkan pada Jumat, 26 Februari 2021. Pemerintah akan menyiapkan fasilitas bagi masyarakat yang ingin menyaksikan proses sakral tersebut secara virtual.

Rapat persiapan teknis pengambilan sumpah jabatan calon kepala daerah digelar di ruang Kenari Kantor Walikota Mataram, Rabu, 24 Februari 2021. Hadir dalam rapat tersebut, Asisten I Setda Kota Mataram Lalu Martawang didampingi Kepala Bagian Pemerintahan I Made Putu Sudarsana, Kepala Dinas Kesehatan dr. H. Usman Hadi, Kepala Dinas Perhubungan, M.Saleh, Kepala Dinas Pariwisata H. Nizar Denny Cahyadi, Camat Cakranegara M. Erwan serta perwakilan dari Pol PP dan Polresta Mataram.

Iklan

Putu menyampaikan, hasil rapat bersama Biro Pemerintahan Setda NTB bahwa pelaksanaan pelantikan akan digelar secara langsung pada Jumat, 26 Februari 2021. Enam kepala daerah, termasuk Kota Mataram akan dilantik langsung oleh Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah di Gedung Graha Bhakti Praja. “Pelantikan langsung itu cuma dihadiri calon kepala daerah dan wakil kepala daerah bersama istri serta Forkopimda NTB,” papar Putu ditemui usai rapat.

Sedangkan, tamu undangan baik itu Forkopimda Kota Mataram, pimpinan OPD, camat dan lurah menyaksikan proses pengambilan sumpah jabatan secara virtual di masing – masing kabupaten/kota. Setelah pelantikan, Pemkot Mataram akan mengagendakan serah terima jabatan dari pelaksana hari (Plh) Walikota kepada Walikota dan Wakil Walikota Mataram. “Kita rencanakan serah terima mulai jam 10.00 Wita. Paling lama itu satu jam, tetapi kegiatan di Pendopo dimulai pukul 08.30 Wita,” jelasnya.

Pemkot Mataram akan menyediakan atau memfasilitasi penyaksian pelantikan secara virtual. Selain meletakkan di halaman pendopo, juga kediaman Walikota dan Wakil Walikota Mataram juga disiapkan layar monitor agar masyarakat, pendukung serta simpatisan lainnya dapat menyaksikan secara langsung. “Saat itu kebetulan jam kerja bagi ASN yang mau menyaksikan langsung secara virtual. Kita akan memfasilitasi,” pungkasnya.

Penyiapan fasilitas ini dimaksudkan agar masyarakat tidak berbondong – bonding datang ke satu titik baik di Kantor Gubenur NTB maupun Pendopo Walikota Mataram. Hal ini dilakukan mengantisipasi kerumunan yang berpotensi terjadinya penularan Covid-19. (cem)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional