Pelantikan Tetap Daring, Pemda Minta Dilakukan di Ibu Kota Provinsi

H. Muhibuddin. (Suara NTB/ist)

Dompu (Suara NTB) – Pelaksana harian (Plh) Bupati Dompu, Drs. H. Muhibuddin, M.Si berharap pelantikan Bupati dan wakil Bupati tetap dilangsungkan di ibu kota Provinsi. Namun proses pelantikan itu tetap dilangsungkan secara dalam jaringan (daring).

“Keinginan kami, walaupun daring karena itu yang sesuai amanat undang – undang (pilkada), pelaksanaan pelantikan itu di ibu kota provinsi. Walaupun dengan daring, tetap dilakukan di provinsi,” kata H. Muhibuddin, MSI kepada Suara NTB, Minggu, 21 Februari 2021.

Iklan

Ketika pelantikan dilakukan di ibu kota Provinsi, dimana antara yang melantik maupun dilantik sama – sama berada di Mataram, maka pembatasan akan semakin efektif dilakukan. Tapi ketika pelantikan di ibu kota daerah masing – masing, maka penumpukan orang justru akan semakin parah. “Ini baru sebatas permintaan lisan kami, bukan dalam bentuk surat,” kata Muhibuddin.

Pasal 164 ayat 1 undang undang No 10 tahun 2016, Bupati dan wakil Bupati serta Walikota dan wakil Walikota dilantik oleh Gubernur di ibu kota Provinsi yang bersangkutan. Pandemi Covid-19 yang mengharuskan patuh pada protokol kesehatan Covid-19 yaitu menjaga jarak, memakai masker, selalu cuci tangan atau memakai handsanitizer, dan menghindari kerumunan, sehingga Kementrian Dalam Negeri mendorong proses pelantikan Kepala daerah terpilih dilakukan secara daring.

H. Muhibuddin mengaku, saat ini pihaknya menyiapkan proses pelantikan sesuai surat edaran Mendagri yang ditandatangani oleh Dirjen Otonomi Daerau (Otda) tanggal 13 Februari dan perintah lisan Asisten administrasi ekonomi dan pembangunan Provinsi NTB saat penyerahan SK Plh Bupati Dompu. “Kalau pelantikan di ibu kota Provinsi, yang menyiapkan (proses pelantikan) itu panitia Provinsi. Bupati dan wakil Bupati tinggal hadir saja,” katanya.

Sementara informasi yang berhasil dihimpun Suara NTB menyebutkan, pemerintah baru memutuskan pelantikan secara daring. Tapi Bupati dan wakil Bupati serta Walikota dan wakil Walikota yang dilantik sama – sama berada di ibu kota provinsi bersama Gubernur yang melantik atau kepala daerah yang dilantik berada di daerah masing – masing belum diputuskan. “Senin, 22 Februariu 2021 akan dirapatkan lagi,” kata sumber ini. (ula)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional