Pelantikan Sekda KSB Tunggu Izin Mendagri

HW. Musyafirin. (Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Pelantikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) tinggal menunggu terbitnya izin dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Sebelumnya, Bupati KSB HW. Musyafirin telah menerima satu dari tiga nama calon Sekda hasil seleksi yang direkomendasikan gubernur untuk diangkat menjadi pejabat nomor satu birokrasi KSB itu. “Rekomendasi gubernur sudah. Rekom itu lah yang kita tindaklajuti untuk lagi ke Mendagri untuk dilantik sebagai pejabat definitif Sekda,” kata bupati kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa, 29 Juni 2021.

Iklan

Diakui bupati, masa jabatan penjabat Sekda saat ini akan berakhir per 30 Juni. Karenanya guna mengantisipasi kemungkinan terlambatnya izin Mendagri, Pemda KSB telah turut bersurat ke gubernur untuk mempertimbangkan memperpanjang masa jabatan Penjabat Sekda. “Kita tunggu sampai besok (hari ini). Kalau belum ada izin Mendagri maka masa kerja penjabat diperpanjang. Dan untuk itu kita sudah bersurat ke gubernur juga,” urainya.

Terlepas kapan izin Mendagri terbit, bupati mengatakan, kehadiran Sekda definitif sangat penting sekarang ini. Mengingat sejumlah agenda roda pemerintahan sangat padat. Mulai dari penyusunan RPJMD, persiapan penyusunan APBD Perubahan 2021, serta sederet lain agenda pokok pemerintah dalam pelayanan kepada masyarakat. “Jadi harapan kita sebenarnya bisa cepat. Kalau besok ada izin (Mendagri) maka langsung tanggal 1 Juli kita lantik,” tukasnya.

Sementara itu ditanya mengenai nama pejabat yang akhirnya dipercaya menduduki jabatan Sekda? Bupati enggan membukanya. Ia hanya mengatakan, media dan publik bersabar dan menunggu waktu pelantikannya. “Kan nanti waktu dilantik pasti tahu sendiri siapa yang jadi Sekda,” kilah bupati sembari tertawa.

Pernyataan bupati ini dibenarkan kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) KSB, H. Abdul Malik Nurdin. Ia mengatakan, surat peemohonan izin pelantikan Sekda ke Mendagri telah dilayangkan pihaknya melalui gunernur NTB. “Sudah. Kita tinggal tunggu balasannya dari Mendagri. Kalau hari ini atau besok ada izin. Hari Kamis pasti dilantik Sekda terpilihnya,” terangnya singkat. (bug)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional