Pelamar PPPK akan Jalani Tes Tiga Tahap

Baiq Nelly Kusumawati. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Para pelamar formasi guru yang ikut seleksi penerimaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) bisa bernafas lega. Pasalnya, pemerintah pusat memberikan kelonggaran bagi peserta untuk ikut tes tiga tahap.

Kesempatan tes tiga tahap ini dijelaskan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram, Baiq Nelly Kusumawati bahwa, pelamar yang tidak lulus pada ujian tulis tahap pertama bisa ikut pada ujian tahap kedua dan ketiga. “Jadi, kalau tidak lolos tes tahap pertama, boleh ikut lagi di tes tahap II dan III,” kata Nelly.

Iklan

Berbeda halnya dengan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS). Pelamar hanya diberikan kesempatan sekali untuk tes. Jika hasilnya tidak memenuhi nilai ambang batas atau passing grade secara otomatis peserta tidak lolos pada tes berikutnya.

Nelly menjelaskan, formasi P3K masih tahap verifikasi. Verifikasi dilakukan berkaitan dengan persyaratan, apakah pelamar diprioritaskan bagu guru yang telah masuk dalam daftar pokok pendidikan (dapodik) ataukah formasi umum. Kepastian ini belum ada kejelasan,sehingga perlu dikoordinasikan kembali. “Ini yang  coba kita koordinasikan dengan pemerintah pusat,” terangnya.

Kendati demikian, Nelly belum berani memastikan apakah formasi guru dibuka untuk umum atau guru yang telah masuk database di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Untuk pelaksanaan pendaftaran sambungnya, akan dikoordinasikan dengan Kantor Regional Badan Kepegawaian Negara (BKN) di Denpasar, Bali. Biasanya akan disepakati jadwal pendaftaran sesuai kesiapan dari kabupaten/kota. “Mungkin kita akan rapat secara virtual untuk menentukan jadwal pendaftaran, “ tambahnya.

Diketahui, jatah formasi diterima itu berdasarkan surat keputusan Menpan RB Nomor 571 Tahun 2021 tentang penetapan kebutuhan pegawai aparatur sipil negara di Lingkup Pemkot Mataram. Dari 884 formasi tersebut terdiri dari 738 tenaga guru,118 tenaga kesehatan dan 28 tenaga teknis. (cem)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional