Pelamar CPNS di Mataram Gratis Swab Antigen

Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram, H. Usman Hadi berdiskusi dengan Kepala BKPSDM Baiq Nelly Kusumawati terkait rencana pelayanan pemeriksaan kesehatan swab antigen gratis bagi peserta SKD CPNS di Kota Mataram. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Pemkot Mataram memberikan kemudahan bagi pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS). Pemeriksaan kesehatan swab antigen sebagai syarat mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) dilayani secara gratis.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram, Baiq Nelly Kusumawati menyampaikan, Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah menetapkan pelaksanaan SKD masing – masing kabupaten/kota dan provinsi.

Iklan

Berdasarkan jadwal Kota Mataram sebenarnya akan melaksanakan pada 8 September pekan depan. Pihaknya mengusulkan pelaksanaan SKD diundur tanggal 28 September karena terkait persiapan sistem dan lainnya. “Sebenarnya kita minta tanggal 29 September. BKN memberikan masukan supaya digelar di atas tanggal 26 September. Karena tanggal 29 September ada kegiatan monitoring di beberapa wilayah yang menyelenggarakan SKD,” kata Nelly dikonfirmasi, Senin, 30 Agustus 2021.

Persyaratan yang ditetapkan BKN bahwa peserta SKD wajib menunjukkan surat keterangan swab antigen negatif sehari sebelum mengikuti tes. Nelly mengatakan, pihaknya berusaha mengakomodir agar pemeriksaan kesehatan bagi peserta dilayani secara gratis. Hal ini akan disampaikan ke kepala daerah dengan harapan mengeluarkan kebijakan untuk mempermudah pelamar.

“Kalau sudah ada petunjuk Pak Wali langsung kami berkoordinasi dengan Dikes dan RSUD Kota Mataram,” terangnya.

Jumlah peserta SKD 2.334 orang. Untuk mengakomodir keseluruhan pelamar, diakui membutuhkan anggaran cukup besar. Akan tetapi, tergantung dari ketersediaan anggaran. “Kita tunggu saja kebijakan dari Pak Wali,” tambahnya.

Nelly mengingatkan, pelamar tidak menyerahkan surat keterangan antigen palsu. Karena konsekuensinya akan didiskualifikasi atau dinyatakan tidak lulus. Karena itu, Dikes dan RSUD Kota Mataram bisa mem-back up, supaya data diterima bisa dipertanggungjawabkan.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Kesehatan dr. H. Usman Hadi mengaku, bersedia memberikan pelayanan gratis swab antigen bagi pelamar CPNS di Mataram. Karena, ketersediaan reagen di Dikes sekitar 6.000.

Dia meminta pengaturan waktu pelayanan pelamar CPNS. Dengan ketersediaan sumber daya manusia (SDM) terbatas tidak mungkin melayani 2.334 pelamar dalam sehari. “Kalau diperintah Pak Wali, kami siap,” jawabnya. (cem)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional