Pelamar CPNS di Lotim Tembus 6.414 Orang

DATANGI - Pelamar CPNS saat mendatangi kantor BKPSDM Lotim. Mereka berkonsultasi terkait berkas persyaratan CPNS. (Suara NTB/yon)

Selong (Suara NTB) – Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 begitu diminati. Di Kabupaten Lombok Timur (Lotim), jumlah pelamar per tanggal 13 Oktober pekan lalu mencapai 6.414 orang pelamar. Jumlah ini diprediksi membeludak hingga mencapai 8.000 lebih pelamar mengingat pada Senin 15 Oktober hari ini merupakan batas terakhir pendaftaran.

Dikonfirmasi Suara NTB, Minggu,  14 Oktober 2018, Kepala Bidang Data dan Formasi pada BKPSDM Lotim, M. Bahrain, mengatakan, jumlah yang sudah terdata pada hari Sabtu,  13 Oktober sebanyak 6.414 pelamar, baik dari kategori khusus dan umum. Selanjutnya, pendaftar melalui online tersebut kemudian berkasnya dilakukan verifikasi. Dari jumlah pelamar sebanyak 6.414 orang itu, yang sudah melakukan pengiriman berkas dan masuk ke BKPSDM Lotim melalui kantor pos sekitar 4.700 lebih.

Iklan

Hingga hari Sabtu pukul 12:00 wita, jumlah berkas yang sudah berhasil diantarkan pihak kantor pos ke BKPSDM sebanyak 4.700 lebih. Namun dari jumlah itu, yang sudah berhasil dilakukan verifikasi sebanyak 4.395 berkas pelamar. Berkas yang dikirimkan oleh pelamar melalui kantor pos diharuskan sinkron dengan sejumlah berkas yang diunggah saat mendaftar secara online. “Jadi berkas yang dikirimnkan itu harus sesuai dengan apa yang mereka upload saat mereka mendaftar secara online,” terangnya.

Terkait dengan ditemukannya adanya berkas yang tidak sinkron antara pendaftaran secara online dengan berkas yang dikirimkan melalui kantor pos, pelamar dapat dikategorikan tidak memenuhi syarat (TMS). Bagi yang TMS ini, lanjut Bahrain, tim verifikasi dari BKPSDM Lotim akan langsung menghubungi pelamar untuk dilakukan perbaikan. Apabila pelamar tidak dilakukan melakukan perbaikan atau melengkapi berkasnya, maka yang bersangkutan dinyatakan gugur dan tidak dapat mengikuti seleksi CPNS tahun ini atau TMS.

Maka dari itu, ia mengimbau kepada pelamar yang belum mengirim berkas fisiknya ke bupati maupun ke BKPSDM melalui kantor pos supaya secepatnya melakukan pengiriman mengingat batas waktu rekrutmen CPNS tahun 2018 untuk Kabupaten Lotim hanya sampai Senin ini.

Rekrutmen CPNS 2018 di Kabupaten Lotim diprediksi akan membludak pada Senin hari ini. Hal itu seiring dengan jumlah pelamar CPNS untuk Lotim sejak prediksi awal mencapai 8.000 lebih pelamar. Terlebih kondisi saat ini, pelamar dari jalur kategori dua banyak yang tidak dapat masuk dan terdaftar di sistem SSCN BKN pusat akan beralih mengikuti seleksi CPNS tahun ini melalui jalur umum. (yon)