Pelaku Wisata Keluhkan Persoalan Sampah di Kawasan Gunung Rinjani

Pelaku wisata saat menyampaikan aspirasi terkait sampah di pendakian Gunung Rinjani, Minggu, 29 November 2020.(Suara NTB/yon)

Selong (Suara NTB) – Persoalan sampah di Sembalun tak terkecuali di Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) dikeluhkan oleh pelaku wisata. Pasalnya, keberadaan sampah ini persoalan lama yang kini masih menjadi momok yang secara maksimal belum dapat diatasi.

Zulkifli, salah satu pelaku wisata di Sembalun mengaku mengeluhkan kondisi sampah yang ada di Kawasan Gunung Rinjani. Namun persoalan dibiarkan tanpa adanya tindakan serius dari pemerintah maupun pihak pengelolaan kawasan TNGR. “Semestinya sampah ini jadi prioritas,” ungkapnya, Minggu, 29 November 2020.

Menanggapi hal tersebut, Harley Sastha, selaku Tim Penyusun Panduan Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability (CHSE), tidak menampik persoalan sampah di kawasan wisata. Bahkan persoalan sampah ini tidak hanya di Rinjani. Bahkan kawasan gunung di Pulau Jawa sampah menjadi persoalan yang belum dapat tertangani dengan baik.

Kendati demikian, ia menegaskan jika persoalan sampah di daerah wisata ini merupakan tanggung jawab bersama. Pendaki harus banyak membawa kantong plastik kosong untuk membawa sampahnya turun. “Kita harus sama-sama peduli terhadap lingkungan kita,”ungkapnya.

Menurutnya, salah satu upaya dalam mengatasi persoalan sampah di kawasan wisata harus adanya regulasi dan sanksi harus diperketat. Apalagi sampah memiliki dampak buruk yang dapat mengundang satwa liar, karena mencium bau sampah yang dibuang di lokasi perkemahan.

Sementara, Kepala BTNGR NTB, Dedy Asryadi, membantah jika tidak adanya perhatian terhadap kebersihan di kawasan TNGR. Menurutnya, terdapat program yang rutin oleh pihak TNGR berupa pembersihan kawasan pendakian setiap satu minggu sekali. Untuk itu, dipastikannya bahwa kawasan TNGR bersih dari sampah.  “Tidak benar sampah kita biarkan berserakan tak terurus. Kita ada tim setiap Minggu untuk membersihkan,” bantahnya. (yon)