Pelaku Pencurian Tembaga Milik PT AMNT Diciduk Polisi

Para terduga pelaku pencurian 30 kilogram kabel tembaga milik PT AMNT saat diamankan di Mapolres KSB.(Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Sumbawa Barat, mengamankan lima orang terduga pelaku pencurian 30 kilogram kabel tembaga di PT AMNT. Para pelaku yang diketahui berinsial IR (20), LZ (21), AP (28), S (28) dan AG (22) tidak bisa berkutik setelah tertangkap tangan mencuri kabel tembaga di landfield PT AMNT.

Kapolres KSB, melalui Kasat Reskrim AKP Afrijal S.IK,, kepada Suara NTB, Jumat, 8 Januari 2021 membenarkan terkait penangkapan lima orang pelaku kasus pencurian kabel tembaga itu. Bahkan kelimanya sudah ditetapkan sebagai tersangka dan juga dilakukan penahanan untuk diproses ke tahap selanjutnya. Kendati demikian pihaknya juga akan terus mendalami kasus ini untuk mengetahui persoalan mendasar munculnya aksi pencurian itu. Karena tidak mungkin, pelaku bisa masuk dengan mudah ke lokasi proyek karena dijaga ketat oleh Polisi dan TNI. “Kita masih akan mendalami dulu kasus ini supaya tidak ada yang disembunyikan. Sementara BB dan kendaraan, kami  amankan sementara waktu di Polres untuk proses lebih lanjut,” ungkapnya.

Dikatakannya, pengungakapan kasus ini berawal dari adanya laporan kepada para personil yang bertugas di PT AMNT.   Setelah menerima laporan pihak terkait langsung melakukan penyelidikin dan penangkapan. Para pelaku yang saat itu sedang mengangkut kabel tembaga tersebut tidak bisa berkutik lagi dan mengakui semua perbuatannya. Pencurian kabel tembaga di PT AMNT dilakukan dengan cara menyusup setelah sebelumnya membuat tenda di gunung Tongo Loka. Selain kabel tembaga polisi juga berhasil mengamankan satu unit tenda dan satu dinamo yang digunakan untuk memotong tembaga tersebut. “Akibat kejadian ini perusahaaan mengalami kerugian sebesar Rp2,5 juta. Makanya kita akan intensifkan pengawasan dan pengamanan di jalur tersebut,” tandasnya. (ils)