Pelaksanaan Tes SKB CPNS Direncanakan Awal Desember

Kepala Bidang Data dan Informasi BKPSDM Lotim,  Yulian Ugi Lusianto (Suara NTB/yon)

Selong (Suara NTB) – Persiapan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 terus dimatangkan, terutama menjelang tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang direncanakan dilaksanakan pada awal bulan Desember mendatang. Untuk Kabupaten Lombok Timur (Lotim), sejauh ini belum diketahui secara pasti siapa-siapa dan berapa jumlah pelamar yang dapat mengikuti tes SKB terutama yang mendapatkan nilai 255 ke atas di luar passing grade.

Kepala Bidang Data dan Formasi pada BKPSDM Lotim, Yulian Ugi Lusianto, menyebutkan rencana pelaksanaan SKB ini, akan dibahas dalam rapat di BKD Provinsi NTB terkait sistem perangkingan dalam rekrutmen CPNS 2018, Senin kemarin. Dalam Permendagri 61 tahun 2018, apabila pelamar memenuhi passing grade, maka mendapatkan klaster pertama, sedangkan di luar passing grade berada di klaster kedua.

Iklan

Terkait siapa-siapa dan berapa jumlah peserta yang berhak mengikuti tes SKB ini, Ugi – sapaan  karibnya menyampaikan saat ini nilai atau rangking yang didapatkan oleh peserta dalam tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sudah masuk dan melekat pada sistem. Untuk itu, nama-nama dari peserta yang dinyatakan dapat mengikuti SKB berdasarkan nilai di SKD akan diumumkan secara manual, selain dapat dilihat melalui web resmi BKPSDM Lotim.

Namun untuk kepastian menggunakan sistem perangkingan ini belum diketahui secara pasti, apakah dilihat dengan per formasi secara keseluruhan atau per formasi sesuai penempatan yang dilamar oleh yang bersangkutan. Misalnya, untuk bidang dengan formasi delapan, ada yang mengambil di RSUD Selong, satu mengambil di Puskesmas Pringgasela, satu lagi di Puskesmas Jerowaru dan lainnya sesuai dengan pilihannya masing-masing. Sehingga ini belum ada kepastian apakah perangkingan sesuai dengan penempatan atau formasinya. (yon)