Pelajar SMA di Lotim Siap Berwirausaha Hadapi Pasar Asean

Selong (suarantb.com) –  Indonesian Entrepreneur Club (IEC) menggelar Seminar Nasional Kewirausahaan dan Pemuda Mandiri 2016, dengan tema “Bagaimana Mandiri Secara Mental, Wawasan dan Keuangan Dalam Persaingan ASEAN”, pada Selasa, 2 Agustus 2016 bertempat di Gedung Wanita Selong, Kabupaten Lombok Timur.

Syafii Efendi
Syafii Efendi

Hadir sebagai pembicara,  Syafii Efendi, seorang Motivator dan Trainer Termuda Nomor 1  di Indonesia. Seminar ini mengedapankan tentang pentingnya pemuda berwirausaha dan mandiri dari aspek keuangan dalam menghadapi pasar Asean. Kegiatan ini dibuka dengan sambutan dan penyerahan kenang-kenangan berupa kain songket khas sasak oleh Ketua IEC Lombok Haruman kepada  Syafii Efendi. Dalam sambutannya, ia mengatakan “ Jangan pernah menjadi orang kebanyakan, 5 Tahun Kedepan akan mengalami persaingan hidup yang semakin ketat. Oleh karena itu, mulai dari sekarang persiapkan diri untuk menghadapi masa sulit dalam dunia kerja. Lakukan perubahan mulai sekarang, orang sukses merasa bahwa kesempatan tidak datang dua kali.”

Iklan

Syafii Efendi, membuka pemaparan dengan menyampaikan dirinya sudah berhasil menerbitkan buku, dengan keuntungan miliaran rupiah. Selain itu, juga memiliki sejumlah usaha.

Dalam materi yang disampaikan, ia mengemukakan mengapa pemuda harus menjadi pengusaha mandiri mulai sekarang. Karena Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sudah di depan mata. “Persaingan semakin ketat, lapangan pekerjaan sedikit, keluarga menuntut untuk sukses usia muda, usia terus bertambah, pasangan hidup di masa depan sudah menunggu,” katanya.

Ia meminta para peserta seminar memiliki mental juara untuk menghadapi hal-hal itu. ia menyampaikan permasalahan pengusaha pemula adalah bingung harus memulai usahanya dari mana. Oleh karena itu dibutuhkan perencanaan yang matang. “Pertama adalah memiliki tujuan atau goal yang jelas, jika ingin mengubah dunia luar yang begitu besar, ubahlah dirimu sendiri dulu,” kata Syafii.

  Kontrol Orang Tua Kurang, Pemberian Tugas Belajar di Rumah Tak Optimal

Selain itu, dibutuhkan kemauan untuk belajar dari orang-orang yang terbaik, dan bekerja sama dengan orang-orang yang terbaik. Juga menjaga komitmen dan konsistensi, serta memiliki alasan yang sangat kuat untuk menggapai tujuan yang diinginkan. Terpenting lagi adalah mimpi besar itu harus segera dilaksanakan.

“Salah dalam bertindak lebih baik dari pada tidak pernah salah sama sekali karena tidak berani mencoba,” ujar Syafii.

Seminar ini dihadiri oleh ratusan pelajar dari Kabupaten Lombok Timur. Serta dimeriahkan dengan hiburan akustik, Stand Up Comedy dan beberapa permainan menarik yang membuat suasana seminar menjadi tidak membosankan, dan diakhiri dengan foto bersama dengan  Syafii Efendi. (r)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here