Pelajar Kota Bima Wakili Indonesia Dalam Ajang Duta Besar Pemudi di Filipina

Kota Bima (Suara NTB) – Ratu Shahbanun (15) pelajar SMAN I Kota Bima, mewakili Indonesia, dalam ajang duta besar pemuda-pemudi tingkat internasional atau Mr and Miss Global Youth Ambassador 2017, yang berlangsung di Kota Manila Filipina, belum lama ini.

“Even ini diikuti oleh 42 Negara se-Asia,” kata Ratu, perempuan ini akrab disapa kepada Suara NTB, Senin, 18 September 2017.

Iklan

Menurutnya sebelum dipercayakan mewakili Indonesia dalam ajang tersebut. Ratu awalnya lolos seleksi tingkat daerah yang diadakan, oleh salahsatu event organizer di Kota Bima, awal tahun 2016 lalu.

“Dalam seleksi ini, saya keluar juara satu, sehingga berlanjut seleksi tingkat nasional,” kata siswa berparas cantik ini.

Diakuinya, seleksi tingkat nasional Ia mewakili provinsi NTB. Seleksi nasional tersebut berlangsung di Jakarta yang dimana diikuti 33 orang perwakilan provinsi di Indonesia, pertengahan tahun 2016. “Dalam seleksi ini, NTB juara I favorit dan juara ikon,” katanya.

Meski juara favorit dan juara ikon, Ia mengaku pihak panitia memutuskan dirinya bersama satu pemudi perwakilan Jakarta, untuk mengikuti tingkat internasional yang berlangsung di Filipina. “Selama tiga hari kami dikarantina. Diajarkan menyanyi, modelling dan lain-lain yang berhubungan dengan seleksi,” katanya.

Meski tidak keluar sebagai juara atau favorit, Ratu merasa bangga dan senang bisa mewakili Indonesia, khususnya daerah Kota Bima, mengikuti acara tersebut. Apalagi acara tingkat negara-negara Asia.

“Bagi saya juara adalah kesekian kalinya. Yang terpenting ilmu dan pengalaman yang didapat, bertemu dengan pemuda-pemudi yang berbeda bahasa dan negara,” katanya. “Jangan pernah menyerah. Acuhkan orang yang mengganggap kita remeh dan suka menghina kita,” pungkas dara kelahiran 2 April 2002 ini. (uki)