Pelajar dan Mahasiswa di Lotim Jalani Tes Cepat Gratis

Puluhan pelajar dan mahasiswa Lotim menjalani tes cepat gratis di Posko Utama Penanganan Covid-19 Lotim di Pendopo Bupati Lotim, Senin, 6 Juli 2020.(Suara NTB/yon)

Selong  (Suara NTB) – Puluhan pelajar dan mahasiswa di Kabupaten Lombok Timur (Lotim) setiap harinya menjalani tes cepat (rapid test) virus Corona (Covid-19) bertempat di Posko Utama Penanganan Covid-19 di Pendopo Bupati dan Laboratorium Kompleks Dinas Kesehatan (Dikes) Lotim. Pasalnya, hasil rapid rest ini menjadi syarat mutlak bagi mereka untuk dapat kembali ke daerah tempatnya mengenyam pendidikan.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Lotim, Dr. H. Pathurrahman, M.Kes, mengatakan, pelajar dan mahasiswa tersebut menjalani rapid test sebagai syarat bisa kembali ke daerah tempat mereka bersekolah. Pemda Lotim kemudian menfasilitasinya dengan melayani rapid test gratis menjelang tahun ajaran baru. Pelayanan tes cepat ini sudah dibuka sejak Senin pekan lalu.

Iklan

Selama pelaksanaan tes cepat ini, katanya, pelajar dan mahasiswa yang bersekolah di luar daerah ini rata-rata dengan tujuan Bandung, Malang, Surabaya, Yogyakarta dan beberapa daerah lainnya. Selain untuk melanjutkan pendidikan dan perkuliahan yang sebelumnya dihentikan sementara lantaran terjadi Covid-19. Beberapa permintaan tes cepat ini juga bagi mahasiswa yang baru masuk kuliah di beberapa daerah tersebut.

“Kita dari pemerintah daerah menyiapkan tes cepat gratis Covid-19 bagi pelajar dan mahasiswa yang belajar di luar Pulau Lombok. Karena hasil tes cepat inilah yang menjadi syarat mereka kembali ke daerah itu,” terangnya.

Adapun untuk mengikuti tes cepat ini, mahasiswa hanya membawa kartu mahasiswa, pelajar dan surat keterangan masuk kuliah dari perguruan tinggi masing-masing. Sedangkan bagi hasil tesnya reaktif, terlebih dahulu akan dilakukan isolasi di RSUD setempat. Dikatakannya bahwa tes cepat ini akan dibuka hingga 13 Juli 2020 dan terpusat di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lotim. (yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here