Pelacakan Kontak Lima Pasien Positif, Dompu Kirim Ratusan Sampel Swab

M. Jufri. (Suara NTB/jun)

Dompu (Suara NTB) – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Dompu, terus melakukan pelacakan kontak lima pasien positif di hari pertama kenormalan baru pada Jumat 5 Juni lalu. Temuan awal ada 85 orang, mereka yakni keluarga dekat dari pasien. Sementara hari ini (kemarin) terdapat sekitar 50 orang yang akan diambil sampel swab-nya setelah kedapatan reaktif saat tes cepat.

Sekretaris Tim Gugus Tugas Covid-19 Dompu, M. Jufri, ST., M. Si., kepada wartawan di kantornya, Jumat, 12 Juni 2020 menyampaikan, ratusan sampel swab yang akan dikirim sebagian diantaranya dari keluarga lima orang pasien positif dan hasil trancing kontak.

Iklan

“Jadi 100 lebih sampel baru yang akan kita kirim, sebagian memiliki kontak langsung sebagian dari hasil tracing kontak. Misalnya di Setda yang reaktif, kita langsung swab tidak perlu lagi menunggu rapid kedua,” ungkapnya.

Terhadap keluarga satu rumah lima pasien positif di hari pertama kenormalan baru kemarin, tim tidak menguji sampel darah dan serum mereka lewat tes cepat. Tetapi langsung mengambil sampel swab untuk diuji pada laboraturium di Sumbawa.

Sementara untuk 50-an sampel baru yang ditemukan merupakan hasil pendeteksian lewat rapid tes, baik di Pasar Induk, Kantor Bupati maupun SKPD tekait. “Paling banyak yang saya dengar dari Pajo, makanya Pajo ini termasuk zona merah,” ujarnya. (jun)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional