Pekan Ini, Tiga Pejabat Pemprov Dilantik Jadi Pjs Bupati KSB, Sumbawa dan Bima

Lalu Abdul Wahid (Suara NTB/nas)

Mataram (Suara NTB) – Sebanyak tiga orang pejabat eselon II Pemprov NTB akan dilantik menjadi Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Kabupaten Sumbawa Barat, Sumbawa dan Bima. Pelantikan direncanakan di Kantor Gubernur, Sabtu, 26 September 2020.

“Pelantikan Pjs tanggal 26 September, Sabtu ini. Insya Allah di Kantor Gubernur,” kata Kepala Biro Pemerintahan Setda NTB, Lalu Abdul Wahid, S.H., M. H., dikonfirmasi Suara NTB, Senin, 21 September 2020 siang.

Iklan

Namun, kata Wahid, SK pengangkatan tiga Pjs Bupati dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) belum keluar hingga saat ini. Tetapi, ia mengatakan SK tersebut akan keluar dalam waktu dekat.

Pokoknya, tanggal 26 September itu terkejar SK-nya. Legal formalnya sudah ada, ujarnya.

Sebagaimana diketahui, gubernur sudah mengajukan sembilan nama pejabat eselon II Pemprov NTB ke Mendagri untuk menjadi calon Pjs Bupati KSB, Sumbawa dan Bima. Masing-masing daerah diusulkan tiga nama pejabat, yang kemudian dipilih salah satu menjadi Pjs. Bupati.

Penunjukan Pjs Bupati KSB, Pjs Bupati Sumbawa dan Pjs Bupati Bima karena kepala daerahnya, baik Bupati dan Wakil Bupati maju dalam kontestasi Pilkada serentak 2020. Sesuai ketentuan, bagi calon petahana yang ikut Pilkada harus mengajukan cuti di luar tanggungan negara selama masa kampanye.

Masa kampanye Pilkada serentak akan dilaksanakan mulai 26 September hingga 5 Desember mendatang. Sehingga, untuk mencegah kekosongan jabatan kepala daerah di KSB, Sumbawa dan Bima, maka ditunjuk Pjs Bupati.

Ditanya mengenai nama-nama pejabat yang diusulkan gubernur menjadi calon Pjs Bupati di tiga daerah tersebut. Wahid enggan membeberkannya. Sementara terkait dengan izin cuti calon kepala daerah petahana, Wahid mengatakan semuanya sudah keluar.

“Sudah turun izin cuti dari Pak Gubernur dan diterima oleh masing-masing bupati atau wakil bupati, walikota dan wakil walikota, katanya.

Termasuk SK pemberhentian salah satu anggota DPRD Kota Mataram yang maju Pilkada, yaitu TGH. Mujiburahman. TGH. Mujiburahman maju di Pilkada Kota Mataram sebagai bakal calon Wakil Walikota mendampingi H. Mohan Roliskana yang saat ini menjabat Wakil Walikota Mataram.

Prinsipnya, kita di provinsi begitu ada usulan dari bawah. Kita prioritaskan untuk menuntaskannya sesuai limit waktu yang diberikan oleh aturan, pungkasnya. (nas)