Pekan Depan Gerhana Bulan Bisa Dinikmati di Indonesia

Mataram (suarantb.com) – Berdasarkan rilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geologi pada laman bmkg.go.id diketahui pekan depan masyarakat Indonesia bisa menikmati pemandangan langit yang dihiasi gerhana bulan. Gerhana bulan sebagian ini diperkirakan akan muncul pada tanggal 7 dan 8 Agustus 2017.

Pada tahun 2017 ini hasil pantauan BMKG diprediksi terjadi sebanyak empat kali, yang telah terjadi yaitu gerhana bulan penumbra (GBP) pada 11 Februari 2017 lalu yang dapat diamati dari Indonesia bagian barat dan gerhana matahari cincin (GMC) 26 Februari 2017 yang tidak dapat diamati dari Indonesia.

Iklan

Kali ini gerhana bulan sebagian (GBS) pada 7 – 8 Agustus 2017 yang dapat diamati dari Indonesia. Sisanya gerhana matahari total (GMT) pada 21 Agustus 2017, yang sayangnya tidak dapat diamati dari Indonesia.

Untuk pekan depan, gerhana bulan sebagian tersebut diperkirakan seluruh wilayah NTB dapat melihat seluruh proses gerhana tersebut. Dengan syarat, saat itu langit bersih dan tidak ada awan yang menutupi bulan. Proses gerhana bulan ini dimulai Senin, 7 Agustus 2017 pukul 23.48 WITA hingga Selasa, 8 Agustus pukul 04.52 WITA dan puncak gerhana diperkirakan pukul 02.20 WITA.

Diketahui, gerhana bulan adalah peristiwa terhalanginya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan. Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi matahari, bumi dan bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya. (ros)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional