Pejabat Eselon III Pemkot Ikuti Asesmen

Sejumlah pejabat setingkat eselon III mengikuti asesmen selama dua hari, Selasa, 17 November 2020. Pemetaan kompetensi ini sebagai implementasi sistem merit di Lingkup Pemkot Mataram. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Sejumlah 45 pejabat setingkat eselon III di Lingkup Pemkot Mataram menjalani asesmen. Pemetaan kompetensi ini sebagai bagian dari sistem merit.

Kepala Bidang Pengembangan Aparatur pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram, H. Ahmad Mujahiddin menjelaskan, asesmen yang digelar selama dua hari tersebut dalam rangka memetakan kompetensi pejabat. Sejumlah 45 orang pejabat setingkat eselon III mulai dari sekretaris dan kepala bagian.

Iklan

Pemetaan kompetensi merupakan bagian dari sistem merit atau kebijakan dan manajemen aparatur sipil negara (ASN) berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi dan kinerja secara adil dan wajar. “Ini bagian dari sistem merit,” kata Muja ditemui, Selasa, 17 November 2020.

Berdasarkan Undang – Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang manajemen pegawai negeri sipil. Pemerintah daerah diharuskan melakukan pemetaan kompetensi pejabat. Menurutnya, asesmen ini tidak ada kaitannya dengan mutasi maupun rotasi pejabat. Pemkot Mataram ingin menilai kemampuan atau kompetensi pejabatnya. “Ndak ada kaitannya dengan penempatan,” ucapnya.

Asesmen ini merupakan kali kedua digelar setelah sebelumnya dilaksanakan tahun 2017 lalu. Hasil pemetaan kompetensi berlaku selama tiga tahun. Penilaian kompetensi melibatkan tim asesor Badan Kepegawaian Daerah Pemprov NTB. “Tim asesornya langsung dari provinsi,” tambahnya.

Kepala BKPSDM Kota Mataram, Baiq Nelly Kusumawati menambahkan, pelaksanaan asesmen sesuai persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri. Hasil asesmen ini akan dijadikan acuan bagi pejabat pembina kepegawaian untuk merotasi pejabat sesuai kompetensinya. “Hasil asesmen ini kan berlaku sampai tiga tahun. Ini bisa dijadikan untuk penempatan pejabat,” tandasnya.

Pihaknya telah menyiapkan anggaran untuk persiapan analisis jabatan dan analisis beban kerja. Tim asesmen yang menguji kompetensi pejabat dari provinsi. (cem)