Pegawai Persulit Layanan Adminduk akan Disanksi

H. Amran M. Amin. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Mataram, H. Amran M. Amin terus melakukan penyempurnaan pelayanan administrasi kependudukan. Pegawai yang secara sengaja mempersulit masyarakat akan dikenakan sanksi. “Tidak ada yang boleh mempersulit masyarakat mendapatkan pelayanan kependudukan,” tegas Amran

Sanksi dijatuhkan sangat tergantung status kepegawaian. Jika itu aparatur sipil negara maka akan diproses melalui sidang indisipliner. Sanksi berupa teguran lisan atau tertulis, sedang sampai berat. Sementara, pegawai tidak tetap bisa sampai pemutusan kontrak. “Iya akan sampai mengarah ke sana nantinya,” ucapnya.

Iklan

Sekitar 4 ribu masyarakat belum melakukan perekaman atau memiliki kartu tanda penduduk. Terutama warga yang baru masuk usia 17 tahun. Amran menduga pemicunya adalah tingkat kesibukan. Faktor lainnya juga rasa traumatis warga yang menganggap bahwa pengurusan administrasi kependudukan ribet dan prosedurnya panjang.

Padahal, persyaratan yang menjadi ketentuan ringan dan komitmen pelayanan sehari pasti jadi. “Ada rasa trauma warga. Oleh karena itu, saya terus mengingkatkan petugas pelayanan jangan ada yang coba – coba mempersulit warga,” katanya.

Pelayanan pasti jadi, lanjutnya, apabila persyaratan yang diserahkan masyarakat lengkap. Sebagai konsekuensi jika terjadi keterlambatan atau gangguan pada server. Dokumen kependudukan milik warga diantarkan ke alamat sesuai yang tertera di identitas. Sistem pelayanan ini dimaksdkan agar masyarakat tidak merasa dirugikan.

Untuk ketersediaan blanko kata mantan Kepala Dinas Perdagangan ini, sangat fleksibel. Kementerian Dalam Negeri memang memberikan target pencetakan KTP elektronik setiap harinya. Apabila stok blanko menepis pihaknya mengusulkan tambahan. “Stok masih ada,” ujarnya. Selama penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level II tambahnya, sistem kerja atau pelayanan diubah. Dari yang awalnya selesai pukul 14.00 Wita, kini sampai pukul 16.00 Wita. (cem)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional