Pegadaian Syariah Sediakan Layanan Kemudahan Berhaji

Manager PT. Pegadaian (Persero) Syariah Cabang Cakranegara, Samsuri memberikan cinderamata kepada Penanggung Jawab Harian Suara NTB, sekaligus Direktur Radio Global FM Lombok, H. Agus Talino, saat berkunjung ke redaksi Suara NTB Group, Rabu, 13 Januari 2021., (Suara NTB/bul)

Mataram (Suara NTB) – PT. Pegadaian (Persero) Syariah menyediakan fasilitas kemudahan layanan berhaji kepada masyarakat di NTB. Lebih gampang dan lebih ringan. Sejak tahun 2016 lalu, Pegadaian Syariah meluncurkan produk khusus untuk memfasilitasi masyarakat menuju baitullah dengan mudah dan murah. Menggunakan salah satu produk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini, namanya “ARRUM haji”.

Produk ini hadir sebagai upaya negara memberikan kemudahan kepada rakyat menunaikan rukun Islam yang kelima ini. Indonesia diketahui didominasi penduduk beragama Islam, terlebih di NTB, penduduk mayoritasnya juga muslim. Berhaji menjadi salah satu kebanggaan, selain kewajiban bagi insan yang dikategorikan mampu. Apalagi di NTB, haji menyangkut prestise (wibawa) dan strata sosial seseorang di tengah-tengah masyarakat.

Pegadaian Syariah, kata Samsuri, Manajer Cabang Pegadaian Syariah Cakranegara, memfasilitasi memampukan seluruh masyarakat yang memiliki keinginan berhaji ke tanah suci Makkah. Berhaji dengan cara lama sudah mulai ditinggalkan. Misalnya, dengan menabung dan menunggu hingga ONH (ongkos Naik Haji) terpenuhi. Sementara jumlah pendaftar haji tak semakin sedikit, antrean untuk berhaji juga panjang, hingga 30 tahun masa tunggu.

“Dari pada menunggu ONH terkumpul, kemudian mendafatar haji, lebih baik gunakan alternatif lebih cepat mendaftar dapat kursi haji,” ujarnya. Caranya melalui Pegadaian Syariah. Masyarakat hanya menjaminkan logam mulai dengan standar 3,5 gram atau perhiasan seberat 4,5 gram atau 5 gram ke pegadaian. Logam mulia dan perhiasan menjadi jaminan di Pegadaian Syariah.

Kemudian, konsumen selanjutnya akan dihubungkan dengan beberapa perbankan syariah. Dari perbankan syariah ini, Pegadaian Syariah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp25 juta juta untuk mendapatkan satu kursi haji sesuai ketentuan Kementerian Agama. Buku tabungan yang dikeluarkan oleh bank syariah, selanjutnya dipegang kembali oleh Pegadaian bersama perhiasan dan logam mulia sebagai jaminan.

“Nasabah selanjutnya mencicil Rp669.500 perbulan di Pegadaian. Masa cicilan selama 60 bulan atau 5 tahun. Dengan begitu, nasabah sudah bisa efisiensi waktu daftar tunggu lebih cepat. Daripada menunggu dana terkumpul baru mendaftar,” ujarnya. Layanan kemudahan berhaji ini, lanjut Samsuri, dapat dialayani di kantor-kantor cabang Pegadaian Syariah. Di CPS (Cabang Pegadaian Syariah) Cakranegara, dan CPS Pasar Renteng Lombok Tengah, Manajernya, Muhammad Asfani.

Juga melalui Unit Pelayanan Syariah (UPS) Pasar Cakranegara, PS.BTN Sweta, UPS. Pasar Selagalas, UPS. Arif Rahman Hakim, UPS. Ade Irma Suryani, UPS.  Karang Bedil Kediri Lombok Barat, UPS. Pringgarata Lombok Tengah. UPS Bonder, UPS Gajah Mada (Praya), UPS Ungga (Praya), UPS Bonder (Praya), UPS Kopang Rembiga, UPS Bodak, UPS M Yamin (Selong), UPS Gelang (Pancor), UPS Sekarteja (Selong), UPS Cepak (Aikmel). (bul)