Pedagang Diminta Tak Mainkan Harga

Seorang pengunjung di Pasar Mandalika, Kamis, 8 April 2021 membeli kebutuhan pokok. Harga cabai mulai turun setelah pasokan cabai dari Jawa mulai datang. Melimpahnya stok pangan diingatkan pedagang untuk tidak memainkan harga. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Harga kebutuhan bahan pokok relatif normal menjelang bulan Ramadhan. Bahkan sebagian terjadi penurunan. Stok dipastikan tersedia dalam jumlah besar. Pedagang diingatkan agar tidak memainkan harga.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Mataram, H. Amran M. Amin menyampaikan, harga kebutuhan bahan pokok masih normal. Seperti daging sapi, beras, bawang merah, bawang putih, telur dan lainnya. Sementara, cabai rawit turun drastis seiring datangnya pasokan cabai dari Jawa. “Cabai sekarang Rp80 ribu/kg. Dulu kan sampai Rp150 ribu/kg,” kata Amran, Kamis, 8 April 2021.

Iklan

Umumnya harga kebutuhan bahan pokok mengalami peningkatan saat Ramadhan. Oleh karena itu, Dinas Perdagangan berusaha menjaga stabilitas harga. Contohnya, masuknya cabai dari Pulau Jawa sebagai upaya pemerintah mengintervensi lonjakan harga salah satu bumbu dapur tersebut.

Ditegaskan, tugas pengelola pasar menjamin ketersediaan agar harga berimbang. Pedagang diingatkan agar tidak memainkan harga di tengah melimpahnya stok. “Kala sampai ditemukan pelanggaran memainkan harga, kita tidak akan segan – segan tindak,” ucapnya.

Kepala Dinas Pertanian Kota Mataram, Ir. H. Mutawalli menambahkan, khusus stok cabai rawit telah terpenuhi karena cabai mulai banyak didatangkan dari Jawa. Hal itu berdampak terhadap turunnya harga. Selain itu, petani cabai di Lombok Timur juga sebagai sudah produksi tetapi dalam jumlah terbatas. “Cabai sudah turun harganya,” tambahnya.

Harga cabai rawit sebelumnya Rp150 ribu/kg, saat ini turun jadi Rp80 ribu – Rp90 ribu/kg. Mutawalli menegaskan, fungsi pemerintah adalah menstabilkan harga serta memastikan ketersediaan bahan pokok aman. Khusus harga cabai diupayakan harganya normal. Idealnya perkilogram harga cabai Rp20 ribu – Rp30 ribu. Biaya produksi 1 kg cabai mencapai Rp18.500. “Kalau sudah harganya normal kita akan koordinasikan dengan Dinas Perdagangan menghentikan izin masuk cabai dari Jawa,” pungkasnya. (cem)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional