PDP dan OTG di Sumbawa Bertambah

Didi Darsani (Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB)-Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumbawa kembali meliris perkembangan penanganan Covid-19 di Kabupaten Sumbawa. Dengan adanya penambahan jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Tanpa Gejala (OTG).

“Hari ini di Kabupaten Sumbawa terdapat penambahan kasus Covid-19. OTG bertambah 47 orang dan PDP bertambah 5 orang,” sebut Kepala Dinas Kesehatan H. Didi Darsani yang juga Juru Bicara Covid-19, Minggu, 31 Mei 2020, di Posko Kesehatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumbawa.

Iklan

Selanjutnya, terdapat 8.911 adalah pelaku perjalanan tanpa gejala (PPTG) atau tidak ada penambahan dari laporan sebelumnya. Dimana 8.682 orang diantaranya telah selesai melaksanakan isolasi mandiri. Sisanya 229 orang masih menjalani isolasi mandiri.

Lebih lanjut, dikatakannya terdapat 789 orang tanpa gejala (OTG) tetapi memiliki hubungan erat dengan kasus yang terkonfirmasi positif dengan penambahan 47 kasus dari laporan sebelumnya. Dimana 594 OTG telah selesai menjalani isolasi mandiri, dan terdapat 195 OTG masih melaksanakan isolasi mandiri.

Sampai saat ini perkembangan orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 458 orang dan tidak ada penambahan dari laporan sebelumnya. Dimana 450 Orang ODP selesai pemantauan dan 8 Orang ODP masih dalam pemantauan. Sedangkan total kumulatif PDP dan konfirmasi positif Covid-19 sebanyak 107 orang atau bertambah 5 kasus baru.

Sebanyak 66 orang adalah dengan status pasien dalam pengawasan (PDP). 54 orang PDP dinyatakan sembuh (2 kali swab negatif), 3 orang PDP meninggal dunia dan 14 orang masih dalam pengawasan di Rumah Sakit Provinsi NTB Manambai Abdulkadir, RSUD Kabupaten Sumbawa dan sebagian ditempatkan di Karantina Terpadu.

Dari 36 orang total terkonfirmasi positif Covid-19, 11 orang sudah dinyatakan sembuh. Sisanya masih dirawat di rumah sakit. H. Didi mengatakan transmisi lokal saat ini mulai tampak ada peningkatan setelah dilakukan tracing kontak terhadap para pasien positif Covid-19. Yang ditandai salah satunya oleh peningkatan jumlah orang tanpa gejala. Makanya dihimbau kepada masyarakat untuk tetap menerapkan kewaspadaan. Dengan selalu mengikuti arahan pemerintah.
“Bupati Sumbawa selaku Ketua Gugus Tugas mengharapkan partisipasi masyarakat untuk memberikan informasi yang benar agar dapat dilakukan deteksi maupun penanganan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19,” ujarnya. (arn)

  Almarhum Uji Siswanto Dapat Kenaikan Pangkat Luar Biasa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here