PBB Klaim Popularitas Kiai Zul di KLU Setelah TGB

Tanjung (Suara NTB) – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) NTB tahun 2018 mendatang merupakan ajang uji konsistensi para calon, khususnya setelah Dr. TGH. M. Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) tidak lagi mencalonkan diri. Bagi beberapa politisi di Kabupaten Lombok Utara (KLU), perolehan suara para calon pada Pilkada 2013 lalu mempengaruhi elektabilitas calon. Hal ini diyakini menguntungkan keberadaan para bakal calon yang diisukan akan maju, salah satunya Dr. KH. Zulkifli Muhadli, SH, MH, yang sebelumnya pernah menjajal Pilkada NTB.

Ketua Majelis Pertimbangan Cabang PBB KLU, Junaidi Arif mengklaim, kandidat yang pernah bertarung pada Pilkada 2013 lalu masih memiliki popularitas yang cukup tinggi. Khusus di KLU, perolehan suara Kiai Zul menempati urutan kedua setelah TGB.

Iklan

“Dukungan kepada Kiai Zul di Lombok Utara ada pada posisi kedua setelah TGB. Kiai Zul pada waktu Pilgub mengumpulkan 16 ribu suara. Tidak menutup kemungkinan popularitasnya masih tinggi,” ungkap Junaidi Arif.

Bagi anggota DPRD NTB ini, para pendukung dan simpatisan Kiai Zul di KLU sudah menunjukkan dukungan. Sementara di internal PBB, Kiai Zul adalah satu-satunya kader yang dinilai paling tepat untuk menjadi calon gubernur.

Junaidi Arif menyebut, pada Muswil PBB beberapa waktu lalu, mantan Bupati Sumbawa Barat dua periode itu memperoleh dukungan penuh dari 10 DPC Kabupaten/Kota. Bahkan masing-masing DPC PBB menginginkan kader terbaiknya itu untuk menyatakan maju bersaing di Pilgub.

Hanya saja, Junaidi Arif melihat peluang maju Kiai Zul relatif berat, karena syarat dukungan kursi di DPRD NTB cukup besar, yakni 14 kursi. Sementara kursi PBB di DPRD NTB saat ini hanya 3 kursi, artinya masih kekurangan 11 kursi lagi.

“Kita lihat saja, seperti apa jalan yang diharapkan beliau, kalau tetap berhasrat ingin maju sebagai calon gubernur bisa saja menggunakan jalur independen dengan mengumpulkan 300 ribu KTP sebagai persyaratan,” terangnya. (ari)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here