Paus Sperma Terdampar di Lombok Diperkirakan Berusia 30 Tahun

Mataram (Suara NTB) – Seekor paus sperma mati terdampar di Pantai Kobra, Gili Lebur, Jerowaru, Lombok Timur, Kamis, 29 Maret 2018. Paus yang diperkirakan berbobot 9 ton itu kini sudah menjadi bangkai.

Paus tersebut terdampar 500 meter dari bibir pantai sekitar pukul 10.00 Wita saat kondisi laut sedang surut.

Iklan

Kapolres Lombok Timur, AKBP M Eka Fathurrahman menerangkan, setelah penemuan itu pihaknya berkoordinasi dengan Balai Pengelolaan Pesisir dan Laut Denpasar Wilayah Kerja NTB.

 “Hasil pemeriksaan tim sementara paus tersebut mati karena usia. Tapi untuk lebih tepatnya tim sudah mengambil sampel untuk diuji laboratorium,” ujarnya dikonfirmasi suarantb.com.

Dari pemeriksaan ciri fisik, sambung dia, didapati bahwa paus tersebut panjangnya 9 meter. Bobot paus berkelamin jantan itu diperkirakan 9 ton. Diidentifikasi juga paus itu sudah mati sejak sepekan yang lalu.

“Pengamatan awal umur diperkirakan 30 tahun. Perut sudah pecah. Sementara beberapa bagian tubuh seperti ekor, sirip, dan gigi sudah diambil warga,” terang Eka.

Paus baru bisa dievakuasi ke pantai setelah laut kembali pasang sore tadi. Sementara bangkai paus akan dikubur untuk menghindari penyebaran virus yang berbahaya bagi masyarakat. (why)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here