Patroli Cegah Covid-19 di Kota Bima Sasar Objek Wisata

Aparat Polres Bima Kota melakukan patroli cegah Covid-19 di pantai Kolo Kecamatan Asakota Kota Bima, akhir pekan kemarin.(Suara NTB/Ist)

Kota Bima (Suara NTB) – Jajaran Mapolres Bima Kota melakukan patroli cegah Covid-19 dengan menyasar obyek-obyek wisata. Patroli ini bertujuan untuk memastikan warga yang mengunjungi tempat wisata tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 pada masa New Normal.

Kapolres Bima Kota, AKBP Haryo Tejo Wicaksono S.IK SH mengungkapkan patroli cegah Covid-19 itu tindaklanjut Instruksi Presiden (Inpres) nomor 6 tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakkan hukum protokol kesehatan dalam mencegah wabah Covid-19.

Iklan

“Mengawasi dan memastikan pelaksanaan protokol kesehatan Covid-19 pada masa new normal,” katanya akhir pekan kemarin.

Selain di obyek wisata, kata dia patroli cegah Covid-19 yang melibatkan unsur aparat gabungan seperti aparat Polri, TNI, Pol PP dan Brimob tersebut juga akan menyasar beberapa tempat keramaian, seperti pasar, pertokoan, pelabuhan hingga tempat usaha.

“Sasaran utama patroli cegah Covid-19 ini di tempat-tempat yang banyak dikunjungi masyarakat,” katanya.

Terpisah, Walikota Bima, H. Muhamad Lutfi SE, mengaku Pemerintah Kota (Pemkot) Bima telah mengeluarkan Peraturan Walikota (Perwali) nomor 49 tahun 2020 tentang pedoman umum penanganan virus corona berbasis Kelurahan sehat pada masa new normal.

“Perwali ini dikeluarkan sebagai langkah-langkah percepatan penanganan virus corona di Kota Bima,” katanya.

Dalam Perwali itu lanjut dia, tatatanan Kelurahan Sehat adalah perubahan budaya hidup masyarakat untuk lebih produktif pada situasi pandemi dengen menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan protokol kesehatan agar mengurangi resiko dan dampak Covid-19.

“Selain itu diharapkan tetap mendukung keberlangsungan perekonomian dan tetap mengacu penerapan protokol lebih ketat,” pungkasnya. (uki)