Paslon Walikota/Wawali Kota Mataram Ditetapkan

Ketua KPU Kota Mataram, M. Husni Abidin disaksikan Ketua Bawaslu Hasan Basri, Kapolres Mataram Guntur Herditrianto dan Dandim 1606 Lobar Gunawan menyerahkan SK penetapan sebagai pasangan calon kepada penghubung pasangan H. Mohan Roliskana – TGH. Mujiburrahman (HARUM) di Kantor KPU, Rabu, 23 September 2020. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mataram menetapkan empat pasangan calon (paslon) Walikota dan Wakil Walikota pada pemilihan kepala daerah 9 Desember mendatang. Penetapan tersebut berdasarkan hasil pleno tertutup terhadap persyaratan administrasi dan tes kesehatan.

Pantauan Suara NTB, penetapan pasangan calon yang dihadiri oleh Ketua KPU, M. Husni Abidin bersama empat komisioner lainnya, Kapolres Mataram Kombes Guntur Herditrianto, Dandim 1606 Lobar Kolonel ARM Gunawan, Ketua Bawaslu Hasan Basri serta penghubungan pasangan calon. Penyerahan bukti penetapan  tidak ada keramaian dari masing – masing pendukung.

Iklan

Empat paslon itu yakni, pasangan H. Mohan Roliskana – TGH. Mujiburrahman (Paket HARUM) yang diusung oleh Partai Golongan Karya, Partai Nasdem dan Partai Persatuan Pembangunan dengan jumlah 13 kursi di parlemen atau 32,5 persen. Pasangan Ir. H. Lalu Makmur Said – H. Badruttaman Ahda (Paket MUDA) diusung oleh Partai Gerakan Indonesia Raya, Partai Berkarya, Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia dengan jumlah 9 kursi di parlemen atau 22,5 persen.

Berikutnya, pasangan Dra. Hj. Putu Selly Andayani – TGH. Abdul Manan (Paket Salam) diusung oleh PDIP dan PKS dengan jumlah 10 kursi di parlemen atau 25 persen. Pasangan H. Baihaqi  – Hj. Baiq Diyah Ratu Ganefi yang diusung oleh Partai Demokrat, PAN dan Partai Hanura dengan jumlah dukungan 8 kursi di parlemen atau 20 persen.

Husni menjelaskan, penetapan paslon berdasarkan tiga persyaratan. Yakni, persyaratan pencalonan, persyaratan calon dan persyaratan kesehatan. Empat bakal pasangan calon telah dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai paslon. “Dari hari ini kita sudah nyatakan empat paslon sudah siap dan resmi bertarung untuk pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Mataram untuk tahun 2020,” kata Husni ditemui usai penetapan pasangan calon, Rabu, 23 September 2020.

Pasca penetapan sebagai pasangan calon sambung Husni, akan diundi nomor urut dari empat paslon pada Kamis, 24 September 2020. Pengundian nomor urut ini akan dibatasi sesuai arahan dari KPU RI. KPU hanya menyediakan delapan kursi untuk masing – masing paslon. “Delapan kursi kita siapkan itu termasuk paslon, istri atau suaminya, parpol pengusung dan penghubung,” sebutnya. (cem)