Paskibraka Nasional, Duta MAN 2 Kota Bima dan MAN 2 Mataram Wakili NTB

Proses seleksi calon paskibraka dari 100 siswa se NTB. Dari seleksi ini, perwakilan MAN 2 Kota Bima dan MAN 2 Mataram mewakili NTB ke tingkat nasional. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Hasil seleksi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat nasional dan tingkat Provinsi NTB telah diumumkan pada Kamis, 27 Mei 2021. Dua siswa calon Paskibraka nasional sama-sama berasal dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN), yaitu atas nama Yasser Ramahdani asal MAN 2 Kota Bima dan Hana Novita Fitri asal MAN 2 Mataram.

“Alhamdulillah yang dinanti-nanti oleh seluruh siswa SMA, SMK,dan MA hasil seleksi Paskibraka tingkat provinsi dan nasional telah final dan sudah ditandatangani SK-nya,” ujar Kepala Bidang Pengembangan Daya Saing Kepemudaan Dispora NTB, Dr. H. Muhtadi Hairi, M.Pd., pada Kamis, 27 Mei 2021.

Iklan

Selain dua nama calon Paskibraka Nasional, diumumkan juga sebanyak 24 calon Paskibraka Provinsi, dengan rincian 12 orang calon Paskibraka Provinsi putra, dan 12 orang calon Paskibraka putri.

Menurut Muhtadi, calon anggota Paskibraka tingkat nasional akan mengikuti pemusatan latihan Paskibraka Nasional 2021 yang direncanakan di Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional (PPPON), Jakarta Timur.

“Diharapkan agar memberikan dukungan moril terhadap siswa/siswi yang terpilih, baik sebagai calon Paskibraka Nasional maupun calon Paskibraka Provinsi,” harap Muhtadi.

Seleksi calon Paskibraka untuk upacara HUT Kemerdekaan RI untuk tingkat nasional dan tingkat provinsi telah dilaksanakan sejak Selasa, 18 Mei 2021 sampai dengan Selasa, 25 Mei 2021. Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) NTB melakukan kunjungan ke kabupaten/kota di NTB untuk melakukan seleksi kepada para pelajar jenjang SMA, SMK, dan MA di setiap kabupaten/kota.

“Di masing-masing kabupaten/kota kami minta melalui Dispora, dipersiapkan paskibaraka terbaik, kami minta lima laki-laki dan lima perempuan jadi jumlahnya adalah 100 orang yang kita seleksi seluruh NTB untuk nanti menjadi tim pasukan pengibar bendera di tingkat provinsi dan langsung ke tingkat nasional sebanyak dua orang,” jelas Muhtadi.

Tim seleksi terdiri dari internal Dispora NTB, unsur TNI, Polri, serta dari Purna Paskibraka Indonesia (PPI). Diakui Muhtadi, di kondisi pandemi Covid-19 saat ini, sejauh ini apel HUT Kemerdekaan tetap diagendakan. Meski demikian, formasi pengibar bendera tidak seperti pada kondisi normal. (ron)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional