Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Mataram Melonjak

I Nyoman Suwandiasa. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Mataram mengalami lonjakan selama penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat. Lonjakan kasus itu diklaim implikasi dari masifnya tracing dilakukan oleh Satgas percepatan penanganan Covid-19 Kota Mataram.

Penambahan kasus covid-19 di Kota Mataram pertanggal 14 Juli 2021 mencapai 80 kasus positif, 2 orang meninggal dunia dan nihil tingkat kesembuhan. Secara keseluruhan jumlah pasien terkonfirmasi positif 4.321 orang. Dengan rincian, 3.925 orang sembuh, 167 orang meninggal dunia dan 229 orang masih menjalani perawatan.

Iklan

Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Mataram, Drs. I Nyoman Suwandiasa menerangkan, kenaikan jumlah kasus positif Covid-19 dipicu oleh masifnya proses tracing oleh petugas di lapangan. Tracing ini harus dilakukan karena menjadi bagian atau indikator penetapan PPKM darurat. “Ada kewajiban kita melakukan tracing. Ada kenaikan ini imbas dari melakukan tracing itu,” kata Nyoman dikonfirmasi, Kamis, 15 Juli 2021.

Selama penerapan PPKM darurat ini, pihaknya mengantisipasi dengan penambahan ruang perawatan. Saat ini, bed occupancy rate di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram berjumlah 148 bed digunakan hanya 42 bed. Ketersedian kamar pun juga dipastikan aman. Terakhir jumlah disediakan 47 persen. Saat ini, keseluruhannya 50 persen di luar ruang perawatan di RSUD Kota Mataram. “Jadi kita sangat siap,” tegasnya.

Berbicara data secara riil kata Nyoman, dari 325 lingkungan bahwa 274 lingkungan zona hijau. Sisanya lainnya adalah zona kuning dan orange. Jika berbicara fakta fair dari sisi PPKM skala mikro bahwa 70 persen lingkungan di Mataram zona hijau. “Data PPKM mikro, lingkungan kita zona hijau,” ucapnya.

Disinggung mengenai varian delta ditemukan di Kota Mataram? Nyoman berdalih belum mendapatkan informasi. Paling penting menurutnya adalah, bagaimana upaya seluruh stakeholder bahu – membahu menekan tingkat penularan. Caranya adalah taat menerapkan protokol kesehatan secara ketat. (cem)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional