Pasien Sembuh Bertambah, ODP Berkurang

H. Ahsanul Khalik (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Terdapat perbedaan grafik eskalasi kasus Covid-19 di NTB sampai Selasa, 14 April 2020. Ada penambahan jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) menjadi empat orang. Di sisi lain, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) berkurang.

Data Senin, 13 April 2020, jumlah kasus positif Covid-19 masih 37 orang. Sementara jumlah pasien yang sembuh mencapai empat orang. Bertahap jumlah kesembuhan bertambah, awalnya dua orang pada 10 April lalu, sehari kemudian bertambah empat orang dan kemarin menjadi empat orang.

Iklan

“Berdasarkan rilis media yang sudah dikeluarkan, ada penambahan lagi satu pasien sembuh. Sehingga jumlahnya menjadi empat orang,’’ kata Kepala Pelaksana BPBD NTB, H. Ahsanul Khalik, S.Sos.MH.

Pada data yang sama,  jumlah ODP  terbaru 1.385 orang. Mereka merupakan warga yang berdatangan dari luar daerah untuk pulang dengan alasan mudik lebih awal ditambah dengan jumlah TKI yang pulang kampung.

Jumlah ODP ini berkurang dari hari hari sebelumnya. Pada Minggu, 12 April 2020, jumlah ODP 1.437 orang, turun dari jumlah sehari sebelumnya yang mencapai 1.570 orang. Jumlah tertinggi ODP pada 8 April lalu, mencapai 1.880 orang.

Jumlah Pasien  Dalam Pengawasan (PDP) juga semakin terus berkurang.  Data kemarin jumlahnya 60 orang dalam proses perawatan di sejumlah rumah sakit rujukan di NTB. Menurun dari jumlah sehari sebelumnya 65 orang.  Namun jika dilihat dari jumlah sepekan terakhir, jumlah itu masih tinggi. Karena sebelumnya jumlah PDP  antara 50, 52 dan 42 orang.

Tren baik ini diharapkan terus berlanjut, diikuti dengan jumlah penurunan kasus. Partisipasi masyarakat sangat diharapkan, dengan disiplin pembatasan jarak, lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, menggunakan masker bila keluar rumah. ‘’Rajin cuci tangan dengan sabun,’’ katanya mengingatkan. (ars)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional