Pasien Bersalin Positif Covid-19 di Dompu

Maman. (Suara NTB/jun)

Dompu (Suara NTB) – Warga terpapar Covid-19 di Kabupaten Dompu, terus bertambah. Setelah balita berusia 1,5 tahun, kini giliran ibu hamil yang hendak bersalin di rumah sakit umum. Ia terkonfirmasi positif setelah dilakukan uji swab.

Plh. Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Dompu, Maman, Skm., MMKes., kepada wartawan di kantornya, Jumat, 11 September 2020 membenarkan adanya pasien inisial Ys (30) yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Iklan

Perempuan asal Kelurahan Kandai I ini awalnya masuk rumah sakit dengan maksud bersalin. Namun saat dilakukan tes cepat terhadap sampel darah dan serum, ia kendapatan reaktif. Sehingga diputuskan uji swab dan hasilnya positif Covid-19. “Ys masuk rumah sakit rencana mau melahirkan. Sesuai protap di rapid hasilnya reaktif dan langsung di swab ternyata positif,” ungkapnya.

Sebelum diketahui positif, Ys pernah dites cepat oleh tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19. Berkaitan dengan interaksinya bersama pasien positif pertama yang meninggal, yakni almarhum HU. Hanya saja, waktu itu hasilnya non reaktif.

Sementara menyangkut riwayat perjalanan Ys sampai sekarang dinyatakan positif, tim masih melakukan penelusuran. “Riwayatnya ini yang belum kita ketahui, ini yang masih kita telusuri. Tapi tadi malam kita sudah tracing kontak terhadap keluarganya, ada sekitar belasan orang,” jelasnya.

Selain belasan orang keluarga Ys diambil sampel swabnya untuk pengujian di Laboraturium Sumbawa, warga sekitar kediamannya turut dites cepat. Termasuk tenaga medis yang pertama kali menangani pasien bersalin tersebut.

Saat ini, tambah Maman, Ys dalam perawatan intensif di ruang isolasi RSUD Dompu. Kalaupun nantinya bersalin dalam kondisi terpapar, tim medis akan menanganinya sesuai protap yang ada. “Kalau melahirkan ditengah isolasi nanti penanganannya sudah jelas, ada protapnya terhadap pasien Covid-19,” pungkasnya. (jun)