Pasar Tertib Ukur, Semua Pedagang Wajib Miliki Cap Tera

Mataram (suarantb.com) – Semua pedagang di pasar-pasar yang ada di Kota Mataram akan dibina oleh UPTD Metrologi Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag) untuk menggunakan alat ukur yang telah diberi tanda tera. Untuk menciptakan  pasar tertib ukur, semua pedagang di pasar diwajibkan menggunakan alat ukur yang telah dicap tera.

Kepala Bidang Metrologi dan Perlindungan Konsumen Diskoperindag Kota Mataram Taufiqurrahman mengatakan alat ukur yang telah memiliki cap tanda tera memberikan jaminan kebenaran terhadap hasil-hasil pengukuran yang dilakukan di pasar. Dengan demikian, akurasi timbangan dan alat ukur lainnya dapat lebih dipercaya oleh konsumen.

Mewujudkan hal tersebut, pihaknya akan berupaya menjangkau semua pedagang di pasar-pasar yang ada di Kota Mataram. Taufiqurrahman mengatakan UPTD Metrologi telah memiliki pegawai berhak untuk melaksanakan pelayanan tera ulang, serta cap tera telah dialokasikan oleh Kementerian Perdagangan.

“Kita ke depannya akan berusaha menjaring sebanyak-banyaknya pasar kita menjadi pasar tertib ukur,” ujarnya, Selasa, 22 November 2016.

Namun saat ini, Taufiqurrahman mengatakan pihaknya belum turun ke lapangan untuk realisasi tera tera ulang tersebut. Ia dan jajarannya masih melakukan berbagai tahap persiapan sejak mulai beroperasinya UPTD Metrologi awal November ini. Sementara ini, pegawai berhak pelayanan tera yang ada di Kota Mataram sebanyak empat orang. Namun setelah pengalihan kewenangan pelaksanaan tera tera ulang dari provinsi ke Kota Mataram, jumlah pegawai berhak, pengamat tera dan calon pengawas tera akan bertambah sebanyak 18 orang. (rdi)