Pasar Sembako “Online” akan Dipermanenkan

Fathurrahman. (Suara NTB/bul)

Mataram (Suara NTB) – Pemerintah Provinsi NTB telah meresmikan pasar sembako daring/online untuk memudahkan masyarakat mendapatkan kebutuhan pokok tanpa harus ke luar rumah. Sistem pemasaran ini diresmikan bersamaan dengan upaya pemerintah daerah untuk mengendalikan pergerakan orang di luar rumah dalam rangka memutus mata rantai penularan wabah Covid-19.

Dengan fasilitas pasar sembako online ini, cukup berbelanja kebutuhan di pasar dari rumah. Tinggal menghubungi admin melalui telepon, atau WhatsApp. Pasar sembako online untuk tahap awal ini melayani pemesanan di empat kabupaten/kota di Pulau Lombok. Di Kota Mataram, kebutuhan barangnya di hubungkan ke pedagang di Pasar Kebon Roek, Pasar Pagesangan, dan Pasar Mandalika.

Iklan

Di Lombok Barat, pesanan dipasok dari pedagang di Pasar Narmada, Gunung Sari, dan Gerung. Demikian juga di Lombok Tengah, dipasok oleh Pasar Renteng dan Pasar Karang Bulayak. Sementara Lombok Utara hanya Pasar Tanjung. “Tinggal hubungi admin, sebutkan barang kebutuhannya. Lokasi pemesan di mana. Nanti admin yang menghubungkan kebutuhan pemesan dengan fast courier. Sudah ada 40 fast courier (semacam ojek online) yang menjadi mitra kita. Nanti admin yang ngatur. Tergantung siapa pemesannya,” kata Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB, Drs. Fathurrahman, M. Si di ruang kerjanya, Jumat (17/4) kemarin.

Sistem pemasaran sembako online ini menjadi salah satu terobosan, kata kepala dinas, rencananya tidak saja sebatas masa mewabahnya corona ini. Sangat memungkinkan menjadi solusi permanen yang difasilitasi pemerintah daerah. Mantan Kepala BKD Provinsi NTB ini juga melakukan pertemuan teknis kemarin dengan jajarannya.

Poin pertemuan tersebut adalah pembahasan untuk memanfaatkan fasilitas yang dimiliki pemerintah daerah untuk disempurnakan. NTB sudah memiliki pasar online, ishopntb. Namun masih terbatas pada pemasaran produk-produk hasil kerajinan lokal. Fathurrahman mengatakan, ishopntb dapat disempurnakan sekaligus sebagai pasar online untuk seluruh jenis kebutuhan. Terutama sembako.

Harapannya, akan lebih memudahkan masyarakat mendapatkan kebutuhannya dengan cara yang mudah melalui satu aplikasi. “Pemesanan apapun di NTB, nantinya lewat satu aplikasi saja. Seperti halnya shopping online lainnya. Tinggal kita verifikasi kembali penyedia barang untuk memastikan barang-barangnya tetap ada,” demikian Fathurrahman. (bul)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional