Pasar Lelang V Raup Ratusan Juta Transaksi Komoditi

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB, Drs. H. Fathurrahman membuka kegiatan pasar lelang ke V

Mataram (Suara NTB) – Kegiatan Pasar Lelang Komoditas Agro kembali diselenggarakan, untuk kelima kalinya. Transaksinya meraup ratusan juta. Pasar Lelang ke V yang diselenggarakan Bidang Pengembangan Perdagangan Dalam Negeri (PPDN) Dinas Perdagangan Provinsi NTB di Hotel Golden Palace, Rabu, 13 Oktober 2021 berjalan sukses, dengan protokol covid-19.

Puluhan peserta penyedia komoditas dan pembeli datang dari kabupaten/kota di Provinsi NTB.  Komoditas yang ditawarkan pada kegiatan ini juga tetap beragam. Diantaranya, jagung, beras, rumput laut, madu, produk olahan, hingga jamur. Dinas Perindag Kabupaten Lombok Tengah salah satu kabupaten yang pesertanya paling banyak.

Iklan

Kegiatan Pasar Lelang ke V ini meraup transaksi sebesar Rp450 juta. Komoditas yang ditransaksikan adalah beras setara 50.000 Kg. Dinas Perdagangan Provinsi NTB juga berhasil mempertemukan antara penjual dengan pembeli. Transaksi komoditi nantinya dilakukan pasca acara. Dalam kesempatan ini, Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB, Drs. H. Fathurrahman, M.Si menyampaikan soal penurunan angka covid-19 yang terus membaik di NTB. Tiga kabupaten sudah level I dan tujuh kabupaten/kota lainnya berada di level II.

Penurunan angka covid-19 ini menjadi tanda baik pergerakan ekonomi. Ditengah pandemi, Pemerintah Provinsi NTB melalui Dinas Perdagangan melakukan berbagai upaya untuk menggeliatkan kembali perekonomian. Salah satunya melalui kegiatan Pasar Lelang yang tahun 2021 ini dilaksanakan selama tujuh kali.

“Sudah lima kali kegiatan Pasar Lelang, dan transaksinya cukup bagus, hampir mencapai Rp7 miliar,” ujarnya.

Tinggal dua kali penyelenggaraan Pasar Lelang, pemilik komoditi dan pembeli dipertemukan tanpa perantara. Harapannya transaksinya akan menggeliat signifikan. Fathurrahman menyebut, selain Pasar Lelang, pemerintah daerah melakukan sejumlah upaya mencarikan buyer bagi komoditas lokal. Bahkan sampai ke level internasional.

Salah satunya NTB mengirim Sekretaris Dinas Perdagangan NTB, mendampingi para petani kopi mengikuti pameran kopi terbesar di dunia, diselenggarakan di Istanbul Turki. Kegiatan tersebut berhasil membuka pasar global dengan dipesannya kopi NTB sebanyak 1.450 ton.

Kemudian, NTB tengah meyelesaikan pesanan ketak sebanyak 39.000 fcs yang akan diekspor ke Arab Saudi. Selain itu, pemerintah daerah juga memfasilitasi membangunkan jaringan pasar ke China, Korea Selatan, Kanada, Mesir, Meksiko. “Semua komoditas kita hingga kerajinan, kami bantu carikan pasar. Terakhir ada pesanan masuk dari Arab Saudi, kayu bakar. Yang tidak kita duga-duga. Kemudian ada pesanan sebanyak banyaknya rumput laut kering dari China. Kemudian peluang kita ada di Mesir, Kanada, Meksiko. Semua jaringan pasar kita buka,” demikian Fathurrahman.

Sementara Ketua Panitia Kegiatan Pasar Lelang V, sekaligus Kepala Bidang Pengembangan Perdagangan Dalam Negeri, H. Prihatin Haryono mengatakan, pada pasar lelang sebelumnya, dilaksanakan juga secara online dengan Banten dan Jambi, pelaku usahanya berhasil membangun kesepakatan jual beli jahe merah sebanyak 50 ton.

Kesepatan yang dibangun antara reseller dan buyer peserta kegiatan pasar lelang biasanya dikawal dan dipastikan transaksinya benar-benar dilaksanakan. “Memang tidak bisa dipungkiri juga ada potensi transaksinya gagal serah dan gagal gagal bayar, tapi kami kawal sampai transaksinya terlaksana,” ujarnya. Kegiatan pasar lelang juga dilakukan secara online. Siapapun boleh mengikutinya.

Dengan cara tersebut, menurut Prihatin, pasar menjadi lebih terbuka. Antara pembeli dan penjual bisa bertransaksi langsung, maupun secara daring, bisa juga menindaklanjuti kesepakatannya secara berkelanjutan. Dengan demikian, diharapkan pasar lelang mampu menjadi jembatan menggeliatkan kembali ekonomi. Apalagi di tengah pandemi seperi saat ini. (bul)

komoditas yang ditawarkan dalam pasar lelang

komoditas yang ditawarkan dalam pasar lelang

  Kegiatan pasar lelang

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional