Pasar Brang Bara akan Dibangun dengan Anggaran Rp 6 Miliar

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Program pemerintahan Jokowi mendirikan banyak pasar rakyat modern juga menyasar Sumbawa. Pada tahun ini, dibangun pasar rakyat modern Brang Bara dengan anggaran Rp 6 Miliar dari dana Tugas Perbantuan (TP) APBN. Yang diharapkan juga dapat memindahkan sebagian pedagang yang ada di pasar Seketeng.

Sebagaimana disampaikan Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sumbawa, Wirawan Akhmad, S.Si M.T, saat ditemui Suara NTB, Kamis, 8 Juni 2017, pembangunan pasar ini telah di SK Kan pada 29 Mei lalu yang ditandatangi Menteri Perdagangan. Nanti pada 13 Juni, akan disampaikan review semua persyaratan pembangunan pasar rakyat modern yang diminta pusat.

Iklan

“Semua persyaratan yang diminta pusat telah rampung dan nanti reviewnya tinggal kita sampaikan ke pusat,”terangnya.

Pasar tersebut dibangun terstandarisasi pusat, termasuk perencanaaan. Nanti petikan DIPA akan disampaikan ke daerah untuk dilakukan tender di Kabupaten. Pihaknya pun telah menandatangani perjanjian kinerja untuk menuntaskan proyek dimaksud dalam tahun ini. Sebagai salah satu syarat diberikannya program ini oleh pusat.

“Perhitungan saya tender akhir Juni. Penetapan pemenang akhir Juli. Sehingga kita masih punya waktu 140 hari lebih untuk menyelesaikan fisik pasar ini,”sebut Wirawan.

Menurut Wirawan, komponen terbesar fisik pasar rakyat modern ini, ada pada pabrikasi kerangka baja. Dengan dua lantai tempat kantor pengelola pasar. “Tadi malam teman-teman Dinas PU sudah sounder tanah. Untuk mengetahui daya dukung tanah,”katanya.

Sementara dalam pembangunan fisik, pedagang yang ada di Pasar Brang Bara akan dipindahkan terlebih dahulu ke lokasi lain. Setelah bangunan rampung, mereka akan diperioritaskan untuk menampati pasar baru tersebut. (arn)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional