Pasangan SUKA Tertinggal 20 Hari Kampanye

Ketua KPU Dompu, Drs Arifuddin menyerahkan SK penetapan pasangan SUKA sebagai pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Dompu pada Pilkada serentak 9 Desember 2020 di aula KPU Dompu, Selasa, 13 Oktober 2020.(Suara NTB/ula)

Dompu (Suara NTB) – KPU Kabupaten Dompu akhirnya menetapkan pasangan H. Syaifurrahman Salman, SE, MSi – Ika Rizky Feryani (SUKA) sebagai pasangan Calon Bupati dan calon Wakil Bupati Dompu peserta Pilkada 2020. Keputusan KPU yang menindaklanjuti putusan Bawaslu Dompu nomor 001/PS.Reg/52.5205/IX/2020 ini diapresiasi pasangan SUKA karena telah menyelesaikan tugasnya secara konstitusional.

“Syukur alhamdulillah, ucapan terimakasih kepada KPU dan Bawaslu yang telah menyelesaikan tugasnya secara konstitusional,” kata H. Yuhasmin, MSI, penghubung pasangan SUKA yang juga bapak kandung Ika Rizky Feryani calon wakil Bupati Dompu kepada Suara NTB usai pleno KPU Dompu, Selasa (13/10).

Iklan

H. Yuhasmin mengaku, akan bekerja secara maksimal untuk memenangkan Pilkada 2020 ini. Terlebih pasangan SUKA sudah ketinggalan hampir 20 hari dalam kampanye dibandingkan pasangan Hj Eri Ariyani – H Ichtiar, SH (Eri – HI) dan pasangan Kader Jaelani – H Syahrul Parsan, ST, MT (AKJ – Syah). “Mulai besok kami akan melakukan kampanye, karena kami sudah ketinggalan hampir 20 hari untuk kampanye,” terangnya.

Ketua KPU Dompu, Drs Arifuddin mengatakan, pleno penyerahan keputusan penetapan pasangan calon peserta pemilihan Bupati dan wakil Bupati Dompu tahun 2020 ini untuk menindaklanjuti putusan sengketa di Bawaslu Kabupaten Dompu nomor 001/PS.Reg/52.5205/IX/2020. Sehingga pasangan H. Syaifurrahman Salman, SE, MSI – Ika Rizky Feryani kini resmi menjadi pasangan calon Bupati dan calon wakil Bupati peserta Pilkada Dompu tahun 2020.

Setelah penetapan pasangan SUKA sebagai pasangan calon peserta Pilkada, KPU Dompu akan melakukan pengundian nomor urut dan penandatangan deklarasi damai. Pengundian nomor urut ini hanya dilakukan untuk pasangan SUKA, sementara 2 pasangan lain tidak berubah nomor urutnya. “Tidak (diundi 2 paslon lain), langsung secara otomatis nomor berikutnya (untuk pasangan SUKA),” jelasnya.

KPU juga akan melakukan koreksi terhadap spesimen surat suara dari sebelumnya hanya 2 pasangan calon menjadi 3 pasangan calon. Koreksi dilakukan menjelang pencetakan surat suara. Begitu juga dengan alat peraga kampanye (APK) yang dicetak KPU. Desain dari pasangan SUKA juga sudah disampaikan. “Di hari Kamis akan melakukan koreksi terhadap spesimen surat suara pra cetak,” ungkapnya.

Pleno penyerahan keputusan penetapan pasangan calon SUKA sebagai peserta pemilihan Bupati dan wakil Bupati Dompu tahun 2020 ini terlihat dihadiri oleh semua penghubung pasangan calon yaitu pasangan Eri – HI, pasangan AKJ Syah, dan pasangan SUKA. (ula)