Pasang APK Sembarangan, Masih Banyak Caleg Bandel

APK salah satu calon DPD RI ditempel di pohon di Jalan TGH. Faisal Mandalika, Senin, 7 Januari 2019. Pemasangan APK di pohon dinilai menyalahi aturan. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Tim terpadu penertiban alat peraga kampanye (APK) perlu sedikit bekerja keras. Karena, para calon legislatif dan calon senator masih ada yang membandel. Mereka memasang atribut kampanye sembarangan dan tak sesuai aturan.

APK dan bahan kampanye masih ditemukan ditempel di pohon serta ornamen kota. Padahal, Pemkot Mataram bersama Bawaslu dan KPU telah mensosialisasikan ke para caleg.

Iklan

Asisten I Setda Kota Mataram, Lalu Martawang menjelaskan, dalam penertian APK dan bahan kampanye tidak lagi menunggu tim. Polanya diubah dengan meminta kecamatan, PPK dan Panwascam melakukan penertiban di wilayah masing – masing.

Titik yang tidak terjangkau direkomendasikan ke tim untuk penertiban. “Jadi ndak perlu nunggu apel dulu. Kita sudah minta bergerak sendiri,” kata Martawang dikonfirmasi, Senin, 7 Januari 2019.

Pengalamannya dengan pola lama, para caleg yang memiliki APK atau bahan kampanye akan memasang kembali mesti telah dicabut. Martawang menyesalkan, masih banyak caleg nakal atau membandel dengan memasang APK di pohon – pohon dan ornamen kota. “Bukan ada, tapi masih banyak yang bandel,” ucapnya.

Badan Pengawas Pemilu maupun Komisi Pemilihan Umum telah mensosialisasikan lokasi mana saja menjadi tempat yang dilarang atau dibolehkan untuk memasang atribut kampanye. Aturan itu harus dipahami oleh para caleg. Tentunya ini nanti akan jadi gambaran bagi masyarakat untuk memilih calon mereka.

“Sekarang saja melanggar , apalagi ke depannya nanti,” tandasnya. Martawang menegaskan, tim tidak akan henti – hentinya menertibkan APK yang menyalahi aturan. (cem)