PAS Diharapkan Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar

SMPN 14 Mataram melakukan penataan dan pembersihan ruang kelas untuk persiapan pelaksanaan PAS bersama yang dimulai Rabu, 1 Desember 2021.(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) –  Penilaian Akhir Semester (PAS) bersama bagi SMP di Kota Mataram akan dilaksanakan pada tanggal 1 sampai dengan 9 Desember 2021. Pihak sekolah mengharapkan PAS yang dilaksanakan secara luring ini dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar.

Kepala SMPN 14 Mataram, Chamim Tohari pada Selasa, 30 November 2021 mengatakan, pihaknya berharap kegiatan PAS secara luring dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar. Ia menjelaskan, kegiatan PAS sebagai evaluasi jalannya program semester ganjil. “Juga untuk mengetahui pencapaian target kurikulum maupun daya serap siswa,” ujarnya.

Iklan

Terkait persiapan PAS, pihaknya melaksanakan penataan dan pembersihan ruangan pada Selasa (30/11). Menurut Chamim, beberapa pekan yang lalu guru juga membekali para siswa terkait pembelajaran secara intensif.

Terpisah, Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Bidang Pembinan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Mataram, Syarafudin ditemui di ruang kerjanya, mengatakan, PAS untuk SD dan SMP di Mataram dilaksanakan dengan sistem PAS Bersama. PAS bersama dengan soal yang sama di seluruh SD dan SMP di Mataram merupakan upaya pemerataan mutu. Pihaknya menunjuk guru-guru dari masing-masing kecamatan di Mataram untuk menyusun soal PAS.

“Soal disusun di Disdik, nantinya akan berupa soal siap pakai yang dicetak oleh Disdik dan didistribusikan ke sekolah-sekolah,” ujar Syarafudin.

“Masa pandemi ini, saya ingin memastikan apa yang diajarkan di sekolah, itulah yang harus diujikan, jangan sampai menguji apa yang tidak diajarkan. Penyusun soalnya bergantian, semester depan lain lagi orangnya (guru yang menyusun),” jelas Syarafudin.

Syarafudin menekankan, PAS Bersama ini sebagai upaya pemerataan mutu di semua kecamatan di Mataram. “Supaya apa yang diajarkan di Ampenan sama juga diajarkan di Bertais, secara tidak langsung ini termasuk asesmen juga. Harapan utamanya untuk pemerataan mutu,” ujarnya.

Soal untuk PAS bersama jenjang SMP juga disiapkan pihaknya. Tidak saja saat PAS, pada Penilaian Akhir Tahun (PAT) SMP juga pihaknya membantu SMP menyusun soal. (ron)

Advertisement