Partisipasi Pemilih Pilkada Serentak di NTB Ditargetkan Lampaui 77 Persen

Suhardi Soud. (Suara NTB/dok)

KPU Provinsi NTB menargetkan tingkat partisipasi masyarakat menyalurkan hak pilihnya di Pilkada serentak 2020 di tujuh daerah dapat melampaui capaian partisipasi pada pemilu serentak tahun 2019 lalu.

“Harapan kita minimal partisipasi masyarakat dapat menyamai tahun lalu yaitu 77 persen, maksimal bisa lebih dari itu,” ucap Ketua KPU Provinsi NTB, Suhardi Soud kepada Suara NTB, Minggu, 6 Desember 2020.

Iklan

Suhardi pun mengaku optimis target tersebut bisa tercapai. Sekalipun pilkada saat ini digelar di masa Pandemi. “Ya kita optimis terkait itu, sekalipun ini di masa Pandemi, tapi kita sudah melakukan persiapan dengan protokol kesehatan, sehingga tidak ada kekhawatiran bagi masyarakat untuk datang memilih,” ungkapnya.

Pihaknya pun mengimbau kepada masyarakat untuk datang ke TPS memberikan hak suaranya. Karena satu suaranya sangat menentukan nasib masyarakat selama lima tahun dari pemimpin yang dilahirkan di Pilkada 2020. “Saya rasa kesadaran politik masyarakat juga semakin meningkat,” katanya.

Selain itu, ia juga melihat terkait dorongan untuk partisipasi ini juga datang dari para paslon. Ia memperhatikan semua Paslon begitu aktif mendorong masyarakat untuk berpartisipasi menyalurkan hak pilihnya. “Sebab tingkat partisipasi masyarakat ini juga berpengaruh terhadap perolehan suara paslon. Oleh karena itu, mau tidak mau hal ini juga menjadi perhatian penting bagi paslon,” katanya.

Lebih lanjut disampaikan Suhardi, terkait kesiapan KPU untuk melaksanakan pemungutan suara tanggal 9 Desember. Dipastikannya sudah sangat siap. Dari pantauannya, untuk distribusi logistik sudah berjalan dengan baik. “Logistik alhamdulillah terdistribusi dengan baik dan lancar, tidak ada kendala yang serius yang dihadapi oleh teman-teman di kabupaten/kota. Kita pastikan logistik Pilkada ini sampai dengan aman di TPS,” tegasnya.

Selain itu, yang menjadi atensi pihak juga yakni terkait dengan kesiapan penerapan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19 pada saat pemungutan suara berlangsung. Kebutuhan APD dipastikan sudah lengkap tersedia di TPS. “Tapi tetap kita imbau kepada masyarakat supaya ketat mematuhi protokol kesehatan. Kalau datang ke TPS, tetap menggunakan masker, meskipun kita juga di TPS telah menyediakan masker,” pungkasnya. (ndi)

Advertisement